Selasa, 30 April 2024

Kapolri Imbau Pemudik Keluar Tol Jika Rest Area Penuh

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo Kapolri ketika berada di di Monumen Nasional, Jakarta pada Sabtu (6/4/2024). Foto: Antara

Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri mengimbau kepada para pemudik keluar tol untuk mencari tempat istirahat di jalur arteri jika rest area di jalur tol penuh.

Dia mengatakan banyak tempat istirahat dan juga tempat kuliner di jalur arteri yang bisa menjadi pilihan bagi pemudik. Menurutnya pemudik pun bisa beristirahat sebentar di jalur arteri untuk kemudian melanjutkan perjalanan.

“Memang rest area menjadi tempat istirahat bagi masyarakat pengguna jalan, khususnya di jalur tol, kita sarankan kita batasi rest area 30 menit saja,” kata Listyo usai melepas kegiatan mudik gratis di Monumen Nasional, Jakarta, dilansir Antara pada Sabtu (6/4/2024).

Dia mengatakan nantinya setiap rest area yang penuh akan diberi tanda dan akan ada personel yang bersiaga di pintu masuknya. Personel tersebut, lanjut dia, bakal memberi petunjuk kepada pemudik untuk melanjutkan perjalanan.

“Ada anggota di depannya yang kemudian memberikan kesempatan untuk beristirahat di rest area yang lain, sampai diatur kondisi keluar masuknya di rest area sendiri,” ujarnya.

Sebelumnya, Inspektur Jenderal Polisi Aan Suhanan Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengingatkan agar para pemudik untuk tidak memarkir kendaraannya di bahu jalan ketika tempat parkir di rest area penuh karena dapat menghambat arus lalu lintas jalan tol.

Kepadatan di rest area atau tempat peristirahatan jalan tol menjadi catatan dan atensi Korlantas Polri agar tidak merembet ke ruas jalan tol dan mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

“Jadi, rest area itu menjadi catatan tersendiri ya untuk tol. Kami sudah koordinasi dengan BUJT, kemudian pengelola rest area,” pungkasnya. (ant/ike/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
27o
Kurs