Minggu, 28 April 2024

Masjid Pemuda Konsulat Surabaya Sediakan Makan Sahur Gratis di Bulan Ramadan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Antrian masyarakat Surabaya saat sahur gratis dalam program Warung Makan Gratis di Masjid Pemuda Konsulat Surabaya, Minggu (17/3/2024). Foto: Firman Magang suarasurabaya.net

Masjid Pemuda Konsulat yang berada di Jalan Kalikepiting, Pacar Kembang, Surabaya, menggelar acara Warung Makan Gratis, setiap hari selama bulan Ramadan 1445 H.

Program Warung Makan Gratis ini menyediakan menu sahur dan berbuka puasa untuk masyarakat Kota Pahlawan.

Mufri salah satu penanggung jawab program Warung Makan Gratis menjelaskan, jika program ini sudah berjalan semenjak pandemi Covid-19.

“Untuk Warung Makan Gratis kira-kira kita sudah tiga tahun ini dan alhamdulillah respon warga sekitar juga sangat bagus,” ucap Mufri saat ditemui suarasurabaya.net, Minggu (17/3/2024) dini hari.

Proses pembagian nasi dan lauk untuk sahur gratis dalam program Warung Makan Gratis di Masjid Pemuda Konsulat Surabaya, Minggu (17/3/2024). Foto: Firman Magang suarasurabaya.net

Pengadaan program ini, lanjut Mufri, berawal dari inisiatif para pemuda masjid untuk membantu masyarakat sekitar yang terkena dampak pandemi.

“Awal dulu kita inisiatif sendiri dan pastinya pakai dana pribadi, alhamdulillah sekarang sudah masuk banyak sekali donatur yang mendukung program kita ini,” katanya.

Untuk jumlah porsi yang disediakan Warung Makan Gratis, lanjutnya, masing-masing berbeda antara sahur dan berbuka puasa.

“Sahur kita ada 50 porsi, buka puasa kita sediakan 130 porsi. Jumlahnya berbeda banyak karena memang masyarakat lebih banyak waktu saat berbuka puasa,” paparnya.

Dia menambahkan bahwa Masjid Pemuda Konsulat juga akan mengadakan program “Memuliakan Adik-adik Yatim di Surabaya” dalam waktu dekat.

“Program Memuliakan Adik-adik Yatim ada tiga, kirim makanan kotak ke pondok, paket kado untuk anak yatim masyarakat sekitar, dan mengundang anak yatim datang ke Masjid Pemuda Konsulat,” jelasnya.

Terakhir, Mufri berharap agar Warung Makan Gratis ini terus berjalan lancar dan tetap rutin diadakan selama Ramadan di tahun berikutnya.

“Semoga lanjut terus, juga kalau bisa kita ingin menyebar beberapa titik di Surabaya, bukan hanya di Kalikepiting saja,” pungkasnya. (man/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs