Senin, 20 Mei 2024

Menag RI: Makanan Untuk Jemaah Haji Lansia Disesuaikan dengan Kebutuhan

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Yaqut Cholil Qoumas Menag RI Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama (Menag) RI saat mengunjungi dapur katering di salah satu hotel di Madinah, Kamis (9/5/2024). Foto: Humas Kemenag.

Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama (Menag) RI memastikan makanan untuk jemaah haji lanjut usia (lansia) akan disesuaikan dengan kebutuhan mereka, sehingga protein dan nutrisi tetap terpenuhi.

“Tahun lalu kinerja dapur ini baik. Saya juga lihat sudah ada alokasi sendiri untuk menu makanan bagi jemaah lansia. Saya harap dapur ini bisa memberikan layanan terbaik bagi jemaah,” kata Yaqut seusai meninjau perusahaan katering Meez Mery di Madinah, dilansir Antara  (10/5/2024).

Dapur katering tersebut, akan menyajikan 20 persen makanan ramah lansia. Sementara untuk makanan yang disajikan memiliki menu yang sama, hanya nasi dan lauknya dimasak agar lebih halus dan lembut. Contoh salah satu pilihannya yakni dalam bentuk nasi tim.

Sementara saat di dapur, Menag RI disambut oleh Meez Mery sang pemilik perusahaan katering, Wan Abdurahman selaku executive chef yang warga asli Cipanas, Bogor, serta beberapa chef lainnya yang kebanyakan berasal dari Indonesia.

Pada kesempatan itu, juga dimanfaatkan Menag RI untuk menanyakan banyak hal, mulai dari ketersediaan sayuran dan bumbu nusantara, hingga tempe dan tahu. Menurut Gus Men, orang Indonesia suka dengan tempe dan tahu.

Lalu, Wan Abdurrahman pun mengamini pernyataan tersebut. Tidak hanya saat operasional haji, menu tempe dan tahu juga disukai jemaah umrah. Dalam sehari, kata dia, dapurnya bisa menghabiskan hingga ratusan papan tempe dan tahu yang juga diproduksi orang Indonesia.

Selain itu, Menag RI pun tidak lupa menanyakan kesiapan tempat penyimpanan dan ketersedian bahan makanan.

Menurut executive chef itu, dapur ini memiliki enam penyimpanan besar. Tampak bahan makanan daging sapi, ayam, ikan, dan telur juga sudah tersedia dalam ruangan berpendingin udara.

Adapun, bumbu Indonesia yang melimpah seperti sereh, lengkuas, kencur, daun pandan, daun jeruk, salam, santan, asem, dan kacang tanah.

“Kita terus berupaya menghadirkan yang terbaik buat jamaah. Saya berharap layanan hotel dan konsumsi di Madinah tahun ini lebih baik dan ramah lansia,” ucap Yaqut. (ant/sya/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
29o
Kurs