Rabu, 26 Juni 2024

Menteri ATR Beri Kepastian Hukum Lahan untuk Investor Global

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Menteri Agraria dan dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan keterangan kepada awak media dalam acara World Water Forum, di Nusa Dua, Bali pada Senin (20/5/2024). Foto: Antara Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Menteri Agraria dan dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan keterangan kepada awak media dalam acara World Water Forum, di Nusa Dua, Bali pada Senin (20/5/2024). Foto: Antara

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Menteri Agraria dan dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) mengungkapkan kementeriannya memberikan kepastian hukum atas lahan kepada investor global dari negara manapun seperti Elon Musk pengusaha Amerika Serikat.

“Jadi kembali prinsip dasarnya kita senang kalau ada, jangankan Elon Musk tokoh yang dikenal dan investor berpengaruh di dunia sebagai seorang entrepeneur tapi juga seorang intelektual dan visioner yg punya jangkauan begitu luas, siapapun mau dari negara manapun yang ingin menanamkan modalnya melalui investasi di Indonesia tentu kita terima dengan baik. Kita ingin memberikan kepastian hukum, termasuk terkait dengan lahannya,” ujar AHY di sela-sela World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali pada Senin (20/5/2024), dikutip Antara.

Dalam memberikan kepastian atas lahan kepada investor, lanjutnya, Kementerian ATR/BPN berkomitmen terus membenahi administrasi serta perizinan sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku.

“Ini yang sering kali dipertanyakan dan juga kalau ada yang tidak baik, menjadi komplain. Mengapa berbelit-belit, mengapa tidak jelas, kita tidak ingin itu terjadi, dan kita harus terus membenahi administrasi, termasuk perizinan dan sebagainya sehingga yang penting semuanya bisa memenuhi segala standar sesuai dengan UU kita dan aturan yang berlaku,” katanya.

Dengan demikian, kalau hal itu memang hadir termasuk contohnya dalam kepentingan telekomunikasi, maka Indonesia juga harus mendapatkan keuntungan yang baik.

“Indonesia tidak boleh hanya mendapatkan atau menjadi tempat saja, tetapi mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, kembali untuk pertumbuhan ekonomi dan rakyat kita sendiri. Jadi inilah yang menjadi komitmen dan semangat dari Kementerian ATR/BPN,” kata AHY.

AHY berada di Bali saat mengikuti World Water Forum ke-10 yang juga dihadiri Elon Musk dimana dia juga memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Selain Elon Musk, tercatat para pemimpin dunia yang akan hadir di WWF ke-10, di antaranya Qohir Rasulzoda Perdana Menteri (PM) Tajikistan, Ranil Wickremesinghe Presiden Sri Langka, Ratu Wiliame Maivalili Katonivere Presiden Fiji, Dato Sri Haji Fadillah Bin Haji Yusof Wakil Perdana Menteri Malaysia, dan John Rosso Wakil Perdana Menteri Papua Nugini, Loïc Fauchon Presiden World Water Council (WWC), Dennis Francis Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Janos Ader mantan Presiden Hungaria, Barbara Pompili utusan khusus Prancis, dan Meike van Ginneken utusan khusus Belanda. (ant/azw/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 26 Juni 2024
27o
Kurs