Selasa, 18 Juni 2024

Pelanggan Keluhkan Air Keruh dan Bau Berhari-hari, PDAM Sidoarjo Perkirakan Minggu Sore Normal

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Air PDAM Delta Tirta Sidoarjo pada Minggu (18/2/2024) Foto: Indra Purnama via WA SS

Pelanggan PDAM Delta Tirta Sidoarjo di sejumlah wilayah pada Minggu (18/2/2024) melaporkan keluhan air keruh dan beraroma tidak sedap. Kondisi ini sudah mereka alami selama hampir dua minggu belakangan.

Beberapa perumahan atau wilayah yang air PDAM-nya tidak layak digunakan, bahkan sampai berwarna hitam pekat ada di Kramat Jegu, Perumahan Pondok Wage Indah, Kenongosari Pepelegi, Perumahan Kedungturi Permai I Taman, Perumahan Graha Asri Sukodono, dan Perumahan Kepuh Permai – Waru.

Ifan Bachtiar Humas PDAM Delta Tirta Sidoarjo saat dihubungi Radio Suara Surabaya membenarkan kondisi ini. Diperkirakan jumlah pelanggan yang terdampak lebih dari 10 ribu pelanggan.

Penggelontoran di hulu Sungai Pelayaran pada Minggu (18/2/2024). Foto: PDAM Delta Tirta Sidoarjo

“Kami sudah melakukan washout atau flushing untuk dibuang cuma-cuma tidak hanya satu jam, dua jam, bahkan berjam-jam. Tapi mohon maaf, setelah air yang keluar sudah kami lihat jernih, kita tutup, ternyata di pelanggan tetap keruh. Informasi yang kami terima dari teman-teman produksi, ini akibat menurunnya kualitas air baku di Sungai Pelayaran,” kata Ifan.

“Jajaran direksi dan semua karyawan PDAM Delta Tirta Sidoarjo  menyampaikan permohonan maaf ke pelanggan atas kualitas air yang sampai ke pelanggan,” ujarnya menambahkan.

Terkait penyebab menurunnya kualitas air baku dari Sungai Pelayaran, Ifan mengatakan, berdasarkan pengalaman diduga karena pembuangan limbah.

Pihaknya memperkirakan kualitas air sudah kembali normal pada Minggu sore (18/2/2024). Sebab pada Minggu siang, setelah melakukan penggelontoran di hulu Sungai Pelayaran, kualitas air baku sudah mulai membaik.(iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 18 Juni 2024
28o
Kurs