Minggu, 28 April 2024

Pemerintah Nigeria Selamatkan 137 Siswa yang Diculik

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Sisa barang milik siswa Sekolah Menengah Bethel Baptist dikumpulkan di dalam halaman sekolah. Anak-anak tersebut diculik oleh pria bersenjata di negara bagian Kaduna, Nigeria pada 14 Juli 2021. Foto: AFP

Pemerintah Nigeria menyatakan para tentara telah menyelamatkan 137 siswa yang diculik dari sebuah sekolah di Kota Kuriga, negara bagian Kaduna pada awal bulan ini.

Edward Buba Juru bicara Angkatan Darat Nigeria mengatakan para korban diselamatkan pada dini hari oleh pasukan dengan dukungan dari otoritas lokal dan pemerintah di negara bagian Zamfara.

Dilansir Antara pada Senin (25/3/2024), Edward menyebutkan jumlah korban yang diselamatkan sebanyak 137 orang, terdiri dari 76 perempuan dan 61 laki-laki.

Ia menambahkan, bahwa para korban yang awalnya diculik pada 7 Maret berjumlah 286 siswa dan satu anggota staf, akan diserahkan kepada pemerintah negara bagian tersebut.

Kemudian, orang-orang bersenjata di Kaduna itu menuntut total 1 miliar naira (Rp10 miliar) untuk pembebasan mereka dalam waktu 20 hari.

Sementara, Uba Sani Gubernur Kaduna membenarkan bahwa anak-anak sekolah Kuriga telah dibebaskan.

Ia juga mengapresiasi Bola Ahmed Tinubu Presiden Nigeria dan Nuhu Ribadu Penasihat Keamanan Nasional, atas upaya dan koordinasi operasi keamanan mereka, yang pada akhirnya membuahkan hasil.

Tidak hanya itu, Gubernur Kaduna mengatakan tentara Nigeria juga layak mendapatkan penghargaan khusus karena menunjukkan bahwa dengan keberanian, tekad, dan komitmen, unsur-unsur kriminal dapat diberantas serta keamanan dipulihkan.

Penculikan siswa dari sekolah di Nigeria adalah hal yang lazim terjadi. Aksi tersebut pertama kali dilakukan pada 2014 oleh kelompok bersenjata Boko Haram, yang menculik 276 siswa dari sebuah sekolah perempuan di Chibok, negara bagian Borno di timur laut. (ant/sya/saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs