Selasa, 18 Juni 2024

Pemkot Surabaya Bakal Evaluasi Surabaya Vaganza untuk Tahun 2025

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Hujung Galuh Surya Kirana i Churabaya dalam pawai budaya Surabaya Vaganza di Jalan Gubernur Suryo, Minggu (26/5/2024). Foto: Ikke magang suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bakal mengevaluasi gelaran Surabaya Vaganza kemarin, Minggu (26/5/2024), untuk edisi selanjutnya di tahun 2025.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, Surabaya Vaganza dengan tema The Chronicle of Surabaya kemarin sukses digelar.

Apalagi salah satu pakaian adat khas Surabaya manten pegon yang mulai jarang dipakai, kembali dipertontonkan ke warga.

“Warga Surabaya gak boleh lupa bahwa Surabaya ini terkenal dengan manten pegon, jadi saya harus mengenalkan lagi kita punya kebanggaan manten pegon, itu alasan saya menggunakan itu,” beber Eri, Senin (27/5/2024).

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya bersama Rini Indriyani Ketua Penggerak PKK Kota Surabaya foto bersama warga Surabaya di Jalan Gubernur Suryo, Minggu (26/5/2024). Foto: Ikke magang suarasurabaya.net

Karenanya, Eri memastikan Pemkot akan mengevaluasi gelaran untuk membuat Surabaya Vaganza lebih baik tahun depan.

“Evaluasinya, tahun depan dibuat lebih meriah dengan komunitas lebih banyak dan tema lebih menarik lagi, dan waktu dimulai jam berapa, karena kami berharap sebelum maghrib selesai, lalu ketika ada tampilan juga waktunya tidak boleh lebih, sehingga jangka waktu perjalanan tepat waktu,” tuturnya.

Sementara Hidayat Syah Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menyebut gelaran kemarin tembus puluhan ribu pengunjung dari Jalan Pahlawan hingga Balai Pemuda.

Disbudporapar pun mengupayakan Surabaya Vaganza bisa masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Iya tahun ini belum (masuk), kita upayakaan lah tahun depan, termasuk Festival Rujak Uleg juga,” tandasnya. (lta/bil/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 18 Juni 2024
27o
Kurs