Kamis, 2 Mei 2024

Pemudik Diminta Bawa Botol dan Kantong Belanja Sendiri, Kurangi Sampah Plastik Sekali Pakai

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi sampah plastik. Foto: iStock

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengimbau masyarakat yang melaksanakan mudik aktif mengurangi sampah, seperti membawa kantong belanja dan botol minuman sendiri untuk menekan timbulan sampah plastik sekali pakai.

Novrizal Tahar Direktur Penanganan Sampah KLHK mengatakan, Kementeriannya sebelumnya sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 5 Tahun 2024 tentang Pengendalian Sampah Hari Raya Idulfitri 145 Hijriah untuk memastikan penanganan sampah selama masa mudik dan Lebaran.

Dia mengatakan bahwa SE tersebut juga menandai tahun ketujuh KLHK menggaungkan mudik minim sampah yaitu sejak 2018 dan kini sudah menjadi bagian integral dari Program Mudik Nasional.

“Mudik minim sampah memang sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari mudik nasional, sehingga seluruh komponen nasional mengkomunikasikan terkait dengan mudik minim sampah ini,” katanya seperti dikutip Antara, Rabu (3/4/2024).

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar para pemudik membeli dan mengambil makanan secukupnya untuk menekan jumlah sampah sisa makanan, dan membuang sampah di wadah yang sudah ditentukan atau memilah sampah.

“Yang kedua target kita adalah untuk operator-operator mudik mulai dari terminal, rest area, stasiun,” jelasnya.

Imbauan kepada pengelola fasilitas publik itum termasuk melakukan edukasi dan menyediakan wadah sampah terpilah serta berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) setempat untuk memastikan proses pengelolaan sampah-sampah yang meningkat selama mudik.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan jumlah pemudik Lebaran 2024 akan mencapai lebih dari 190 juta orang. Masa mudik sendiri diperkirakan akan dimulai pada 3 April 2024 atau H-7 sebelum Lebaran dan puncaknya pada H-2 atau 8 April 2024. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs