Jumat, 1 Maret 2024

Pendaftaran SNBP Dibuka 14 Februari 2024, Kuota PTN Minimum 20 Persen

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tangkap layar saat Prof. Ganefri Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 saat memaparkan skema SNPMB 2024, Jumat (8/12/2023).

Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dibuka pada 14 Februari 2024 dengan kuota minimum 20 persen.

“Kuota untuk setiap PTN berbeda-beda, tetapi ada standar minimum yang diatur di Permendikbudristek 62 tahun 2023, khusus SNBP PTN harus menetapkan 20 persen dari kuota yang disiapkan tiap program studi (prodi),” kata Prof. Ganefri Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 dilansir Antara, Senin (12/2/2024).

Ia menjelaskan, pendaftaran SNBP ini merupakan jalur non tes yang dinilai berdasarkan rapor dan prestasi lain dari siswa. Khusus untuk program studi tertentu seperti olah raga atau seni, penilaian dilakukan berdasarkan portofolio.

“Proses pendaftaran SNBP diawali dari penetapan kuota per sekolah, dan ini sudah ditetapkan sejak 28 Desember yang lalu. Sekolah juga sudah diberikan masa sanggah hingga 17 Januari. Kalau sekolah belum finalisasi data sekolahnya, termasuk kurikulum dan nilai, juga sudah diberi kesempatan hingga sore tadi,” ujarnya.

Ia menambahkan, biasanya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan memberikan prioritas terhadap pilihan satu yang sudah ditentukan oleh siswa.

“Proses penilaian SNBP ini memang dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya, tetapi biasanya kampus akan memberikan prioritas terhadap pilihan satu, karena kalau kuotanya sudah terpenuhi pilihan satu, biasanya dia tidak melihat lagi pilihan dua, artinya mereka sudah memenuhi syarat (di pilihan satu),” tuturnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau para siswa untuk berhati-hati dalam menentukan pilihan.

“Adik-adik saat menentukan pilihan, tolong betul-betul disesuaikan dengan minatnya. Ada perubahan yang terjadi juga dalam proses penyelenggaraan SNPMB di 2024 ini, jadi khusus untuk penetapan pilihan ini harus hati-hati,” ucapnya.

Berdasarkan Permendikbudristek nomor 62 tahun 2023, dijelaskan bahwa jalur masuk SNPMB 2024 ada tiga jalur, yaitu Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), lalu Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) atau yang dikenal dengan UTBK, dan jalur mandiri.

Khusus untuk proses pendaftaran SNBP berlangsung selama dua minggu, untuk itu calon mahasiswa diimbau mempersiapkan diri dari sekarang agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. (ant/ike/saf)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Jumat, 1 Maret 2024
27o
Kurs