Sabtu, 24 Februari 2024

UINSA Surabaya Terima 449 Maba dari Jalur SNBP 2023

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kampus UINSA Surabaya Jl. Ahmad Yani Surabaya. Foto: Humas UINSA

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menerima sebanyak 449 calon mahasiswa baru, dari jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) tahun 2023.

“Dari total 5.013 peserta SNBP 2023, UINSA menerima sebanyak 449 orang. Tingkat keketatan prodi pada jalur SNBP 2023 ini mencapai rata-rata 11 persen atau 1 banding 11,” kata Abdullah Rofiq Mas’ud Koordinator Bidang Akademik UINSA Surabaya dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Rabu (29/3/2023).

Meskipun masih didominasi dari Provinsi Jawa Timur, kata Rofiq, peta persebaran mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNBP 2023 cukup heterogen.

“Persebaran mahasiswa baru berasal dari sedikitnya 18 provinsi di Indonesia, tiga wilayah tertinggi jumlah mahasiswa baru jalur SNBP 2023 yakni Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Bojonegoro. Sisanya tersebar di 52 kabupaten/kota di seluruh Indonesia,” katanya.

Meski demikian, kata Rofiq, jumlah tersebut ada penurunan dibandingkan tahun 2022 lalu di mana pada jalur serupa mencapai 5.509 orang dan diterima sebanyak 524 orang.

Selain itu, berdasarkan hasil evaluasi selama lima tahun terakhir menunjukkan tingkat keberhasilan studi dan kelulusan tepat waktu mahasiswa jalur tes lebih baik dibanding jalur seleksi rapor atau prestasi.

“Oleh karena itu, persentase penerimaan jalur SNBP tahun 2023 pun diturunkan dari 25 persen menjadi 20 persen saja. Sisanya, 50 persen akan diisi melalui jalur SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) dan 30 persen dari jalur Mandiri,” katanya.​​​​​​​

Ia mengemukakan, tiga program studi dengan peminat terbanyak, yakni Prodi Psikologi pada Fakultas Psikologi dan Kesehatan sebanyak 630 peminat dan yang diterima sebanyak 35 orang.

Kemudian Prodi Manajemen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 627 peminat dan yang diterima 27 orang, dan Prodi Ilmu Komunikasi dengan total 412 peminat dan yang diterima 28 orang.​​​​​​​

Rofiq mengingatkan setelah dinyatakan lolos, para calon mahasiswa baru diharuskan melakukan registrasi dan pemberkasan penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Di UINSA, masa registrasi dimulai tanggal 30 Maret 2023 hingga 7 April 2023 dengan mengunggah kelengkapan dokumen di laman pmb.uinsby.ac.id/login.

Dia juga mengingatkan para calon mahasiswa baru agar bertanggung jawab dan menuntaskan proses registrasi.

“Meskipun tidak melakukan black list, ketika calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus tetapi tidak melanjutkan daftar ulang, akan berdampak pada skoring sekolah yang bersangkutan pada proses pendaftaran jalur serupa pada tahun mendatang,” pungkasnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Sabtu, 24 Februari 2024
29o
Kurs