Kamis, 30 Mei 2024

Penumpang AKDP Dominasi Arus Balik Gelombang Kedua di Terminal Purabaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Terminal Purabaya Bungurasih masih dipadati masyarakat yang melangsungkan arus balik di gelombang kedua, Sabtu (20/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebanyak 32.019 masyarakat memadati Terminal Purabaya Bungurasih dalam arus balik hari pertama gelombang kedua pada Sabtu (20/4/2024).

Januar Putra tim Informasi Teknologi (IT) dan Hubungan Masyarakat (Humas) Terminal Purabaya mengatakan, dari seluruh jumlah yang direkap pada pukul 15.00 WIB itu, lebih banyak penumpang yang naik bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) daripada naik bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Jumlah penumpang AKDP, tercatat ada 25.179 dengan total 113 bus. Sedangkan penumpang AKAP, tercatat ada 6.840 dengan total 658 bus.

“Terpantau didominasi penumpang dengan tujuan AKDP dalam kota, seperti shelter 4 yaitu ke Blitar, Malang dan Bojonegoro,” katanya kepada suarasurabaya.net di Kantor Terminal Purabaya pada Sabtu petang.

Ia menyebut, total masyarakat yang datang dan berangkat dari Terminal Purabaya dengan mayoritas menggunakan AKDP itu, terhitung seperti waktu weekend biasa.

“Bisa diartikan ini ramainya karena ramai weekend saja. Untuk yang AKAP-nya landai,” imbuhnya.

Para penumpang saat turun dari bus dan hendak mengangkut barang bawaan di Terminal Purabaya Bungurasih, Sabtu (20/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sementara untuk Minggu (20/4/2024) besok, pihaknya memperkirakan bisa lebih ramai dari hari ini, mengingat anak-anak sekolah juga akan mulai masuk sekolah lagi dari libur Lebaran tahun ini.

Untuk antisipasi jika terjadi lonjakan penumpang, Terminal Purabaya telah melakukan berbagai persiapan yang telah disiagakan mulai awal arus mudik Lebaran gelombang pertama, yakni mulai dari posko keamanan hingga posko pelayanan informasi.

Selain itu, petugas dari Terminal Purabaya juga terus melakukan ramp check atau memastikan kelayakan kendaraan sebelum beroperasi. Serta, telah menyiagakan armada tambahan secara situasional.

“Kami mengimbau, agar berangkat di waktu siang hari, untuk menghindari risiko kerawanan di malam hari. Dan agar terus berhati-hati, tetap jaga barang bawaan,” tuturnya. (ris/saf/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
33o
Kurs