Selasa, 18 Juni 2024

Puncak Arus Balik Gelombang Pertama di Terminal Purabaya Diprediksi Terjadi pada 14-15 April

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Para penumpang saat turun bus di Terminal Purabaya Bungurasih, Jumat (5/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net Ilustrasi - Para penumpang saat turun bus di Terminal Purabaya Bungurasih, Jumat (5/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Puncak arus balik gelombang pertama di Terminal Purabaya Bungurasih, diprediksi terjadi pada 14-15 April mendatang.

“Gelombang pertama di tanggal 14 sama 15 April, Hari Minggu dan Senin. Karena libur terakhir di hari Senin tanggal 15 April,” kata Achmad Badik Kepala Terminal Purabaya kepada suarasurabaya.net pada Rabu (10/4/2024).

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi lonjakan dalam arus balik gelombang pertama tersebut. Seperti, memaksimalkan posko-posko khusus untuk memantau situasi.

“Kalau arus balik biasanya lebih banyak, tapi tidak terlalu signifikan. Selisihnya kira-kira sekitar 10 hingga 15 persen,” katanya.

Sama seperti saat puncak arus mudik, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, mulai dari Polresta Sidoarjo, Polsek Waru, Koramil, Babinsa, Pemadam Kebakaran (Damkar), hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk memastikan keamanan.

Selain itu, juga telah menyiapkan petugas yang berjaga selama 24 jam di semua titik pos yang ada di Terminal Purabaya dalam periode arus balik lebaran.

Lebih lanjut, Terminal Purabaya juga menyediakan tenaga kesehatan, baik bagi penumpang maupun kru bus yang membutuhkan bantuan medis selama periode arus balik.

“Kami juga sudah melakukan koordinasi dengan beberapa Perusahaan Otobus (PO), terutama untuk beberapa PO yang diprediksi nanti akan ada lonjakan penumpang seperti tujuan dekat-dekat,” katanya.

Sebelumnya, Terminal Purabaya juga telah mengantisipasi lonjakan dengan menambah armada bus, sekitar 250 hingga 300 armada. Sehingga, total yang siap beroperasi sekitar 2.300-an bus.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat, agar memastikan kesiapan fisik saat akan melakukan perjalanan arus balik.

“Juga harus bisa menjaga diri dengan baik. Semakin banyak penumpukan orang tentunya semakin tinggi risiko tindak kejahatan. Jadi masing-masing juga harus bisa menjaga diri dan barang-barang bawaan,” pungkasnya. (ris/saf)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 18 Juni 2024
28o
Kurs