Senin, 20 Mei 2024

Perlengkapan Sederhana yang Harus Tersedia di Mobil ketika Arus Balik

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Gerbang Tol Pandaan Suasana Gerbang Tol Pandaan di Pasuruan, beberapa waktu lalu. Foto: HP-Jasamarga Pandaan Tol

Hermas E Prabowo Ketua Umum Persatuan Bengkel otomotif Indonesia (PBOIN) menyebut sejumlah perlengkapan yang perlu siap sedia pada kendaraan saat hendak menerjang arus balik Lebaran 2024.

Dilansir dari Antara, Hermas menyebut persiapan alat-alat pendukung seperti dongkrak, kunci roda, hingga ban serep perlu ada dalam kendaraan.

Sebab peranannya yang sangat penting pada kondisi lalu lintas padat selama periode arus balik.

“Kunci roda, dongkrak, ban serep, ini perlu untuk antisipasi jika terjadi kebocoran ban dalam perjalanan,” katanya pada Minggu (14/4/2024).

Persiapan alat-alat ini tidak hanya meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengendara dan keluarga, tetapi juga membantu menghadapi situasi darurat yang tidak diinginkan.

Meski telah diperiksa dengan seksama, sewaktu-waktu mobil sangat mungkin mengalami masalah teknis di jalan, terutama jika perjalanan panjang.

Mempersiapkan perangkat pemeliharaan sederhana tersebut, termasuk ban cadangan, tentu dapat mengantisipasi masalah teknis kecil tanpa harus menunggu bantuan.

Selain itu, Hermas menyebut air mineral juga perlu untuk selalu siap sedia di dalam kendaraan, apa lagi jika hendak menempuh perjalanan jauh.

Meski sederhana, air mineral sangat krusial dalam membantu kelancaran berkendara, seperti mengantisipasi kekurangan air wiper hingga membantu mengatasi kekurangan atau bahkan kebocoran air radiator.

“Selalu sediakan air mineral, untuk mengantisipasi kekurangan air wiper di jalan, atau mengatasi kondisi darurat sesaat ketika ada kebocoran air radiator, sehingga bisa untuk mengurangi dan mencegah risiko overheat pada mesin,” Hermas menjelaskan.

Air radiator, yang juga dapat menggunakan air mineral, memiliki fungsi penting dalam sistem pendinginan kendaraan.

Suhu yang terlalu tinggi akibat cuaca ekstrem, kemacetan, hingga kinerja mobil yang terus bertambah selama arus balik dapat menyebabkan komponen mesin menjadi aus lebih cepat atau bahkan mengakibatkan kerusakan serius seperti mesin overheat.

Dengan demikian, air sangat penting dalam menjaga suhu mesin kendaraan agar tetap stabil sehingga beroperasi dengan baik dan mencegah kerusakan akibat suhu yang terlalu tinggi. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
32o
Kurs