Senin, 20 Mei 2024

12.000 Orang akan Padati Pelabuhan Tanjung Perak pada Puncak Arus Balik pada Selasa Besok

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ilustrasi - Suasana penumpang turun di Terminal Penumpang Jamrud Selatan, Tanjung Perak Surabaya. Nampak ribuan penumpang baru saja turun untuk menuju ke pintu keluar. Foto: Wildan suarasurabaya.net

Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya memprediksi sebanyak 12.000 orang akan memadati kawasan pelabuhan pada puncak arus balik pada Selasa (16/4/2024).

Dhany Rahmat Agustian General Manager Gapura Pelabuhan Kalimas dan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) menyebut tidak menutup kemungkinan akan ada peningkatan penumpang pada arus balik besok.

Prediksi peningkatan penumpang itu berkaca pada puncak arus mudik H-15 lebaran kemarin yang mencapai 14.000 orang.

“Kemungkinan lebih tinggi, soalnya lihat arus mudik kemarin cukup rekor baru bagi kita, 14.500-an orang. Jadi rata-rata untuk arus balik itu di angka 12.000 an. Perkiraan kita seperti itu,” kata Dhany dikonfirmasi suarasurabaya.net, Minggu (14/4/2024).

Dhany menyatakan, tak ada persiapan khsusu dalam menyambut arus mudik balik lusa besok. Namun ada sejumlah hal yang akan menjadi perhatian otoritas pelabuhan.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah penumpukan parkir kendaraan. Sebab pada situasi puncak arus balik, akan banyak kendaraan pribadi maupun travel yang mengantar pemudik menuju pelabuhan.

“Nanti kita coba atur dengan pola-pola bersama Satlantas Polres KP3 (Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya),” katanya.

Sementara itu, Dhany menyebut daerah yang paling banyak dituju pemudik melalui pelabuhan adalah Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kemudian, untuk menunjang kebutuhan arus balik, otoritas pelabuhan Tanjung Perak Surabaya bakal berkoordinasi dengan perusahaan pelayaran untuk mengoptimalkan 37 kapal supaya siap beroperasi.

“Jumlah kapal masih sama dengan masa H-15, 37 kapal akan kami optimalkan semuanya, terutama ketersediaan tempat tidur sama tempat duduk,” jelasnya. (wld/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
32o
Kurs