Rabu, 1 Mei 2024

Pertamina Jatimbalinus Siapkan Berbagai Fasilitas Penunjang untuk Pemudik di Wilayah Jawa Timur

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. SPBU. Foto: Pertamina

PT Pertamina Regional Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk masyarakat yang melangsungkan mudik dalam Lebaran kali ini.

Taufiq Kurniawan Section Head Communication and Relation Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus merinci, fasilitas pertama yakni Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Siaga 24 jam yang jumlahnya sebanyak 13.

Kemudian, juga menyiapkan modular atau dispenser BBM portable masing-masing dua unit ditempatkan di rest area yang tidak terdapat SPBU seperti di Tol KLBM (Krian, Legundi, Bunder, Manyar) 13 A dan B, rest area Tol Nganjuk-Jombang-Mojokerto KM 678B dan KM 695A, rest area KM 597 A dan B, serta rest area KM 819A-B dan KM 833A-B.

“BBM Portable yang disiagakan di situ sejumlah masing-masing dua unit untuk kendaraan bermesin diesel dan bermesin bensin. Itu untuk bisa membantu memudahkan pemudik di rest area itu,” jelas Taufiq kepada Radio Suara Surabaya, Jumat (5/4/2024).

Selanjutnya, untuk memecah antrian di SPBU, Pertamina Jatimbalinus juga menambahkan dispenser portable yang tersebar di rest area KM 575 A dan B, KM 626 A dan B, KM 726 D, KM 725, KM 754 A, KM 753 D, KM 66A dan 84 B arah Malang, serta KM 792 A dan B yang mengarah ke Pasuruan.

Untuk mempercepat transaksi, Pertamina Jatimbalinus juga mengimbau para pemudik untuk bertransaksi pembelian BBM menggunakan cashles, serta memanfaatkan promo di aplikasi MyPertamina.

“Di aplikasi MyPertamina ini nanti ada beragam promo-promo menarik ya tentunya, diskondisponnya juga informasinya ada di situ. Nah ini mumpung pemudik biasanya kan pembelian volume BBM-nya cukup lumayan ya. Nah ini sayang kalau nggak dimanfaatkan aplikasi MyPertaminanya untuk bisa mengurangi beban (biaya) transportasi,” jelasnya.

Selain itu, sebagai upaya memangkas jarak suplai, Pertamina Jatimbalinus juga menyiagakan mobile storage yang ada di rest area tol KM 725 A, kemudian di KM 597 dan di daerah Kota Batu.

“Nah ini tujuannya sebenarnya untuk memangkas jarak suplai, apabila terjadi kemacetan atau jangkauan SBBU, itu bisa lebih dekat dibandingkan jka dia harus menunggu mobil tangki pengiriman BBM-nya dari supply point utama terdekat atau terminal BBM terdekat,” terangnya.

Kemudian untuk menambah kenyamanan pemudik, Pertamina Jatimbalinus juga menyiagakan Serambi MyPertamina yang berisikan layanan kesehatan, tempat istirahat, gaming, dan belanja fesyen muslim, tepatnya di rest area KM 725 A dan rest area 66 A.

“Untuk antisipasi kemacetan apabila pemudik itu kehabisan BBM saat posisi macet, bisa langsung telepon call center 135, ada 80 delivery service atau motoris delivery service Pertamina yang akan standby mengantarkan bahan bakar ke titik-titik di mana pemudik mengalami kemacetan,” pungkasnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
29o
Kurs