Senin, 20 Mei 2024

Polda Jatim Gencarkan Tes Urine di Terminal Setelah Temuan Sopir Positif Sabu di Tulunganggung

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Kapolresta Sidoarjo memantau tes urine 50 sopir dan kondektur bus Terminal Tipe A Purabaya, Senin (25/4/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur bersama Polres jajaran serta stakeholder terkait bakal menggencarkan tes urine di sejumlah terminal se Jatim setelah satu sopir bus ketahuan positif narkoba di Tulunganggung.

Kombes Pol Komarudin Dirlantas Polda Jatim menyatakan, tes urine itu juga akan digelar bersamaan dengan ramp check untuk mengetahui kesiapan kondisi armada bus selama masa angkutan lebaran.

“Kami akan intens melaksanakan kegiatan ramp check dan juga tes urine bagi para pengemudi angkutan umum,” kata Komarudin kepada suarasurabaya.net, Jumat (12/4/2024).

Komarudin menjelaskan, bahwa lalu lintas di momen lebaran ini telah memasuki fase aeus pariwisata dan arus balik mudik. Kata dia, jumlah kendaraan yang bergerak di Jatim mulai terjadi peningkatan termasuk transportasi umum seperti bus.

Untuk itu kegiatan ramp check dan tes urine di terminal perlu digencarkan supaya kondisi armada serta sopir dalam keadaan prima dalam menyambut fase pariwisata dan arus balik.

“Setiap hari kami wajibkan seluruh terminal melakukan cek karena pastinya hari ini kami sudah memasuki tahapan pengamanan jalur wisata dan arus balik,” katanya.

Dirlantas Polda Jatim itu menyebut, kegiatan ramp check dan tes urine bakal rutin digelar hingga Operasi Ketupat Semeru berakhir pada 16 April 2024.

Komarudin juga mengingatkan kepada pengusaha PO bus supaya lebih memperhatikan keselamatan penumpang. Sebab berbagai upaya untuk mengutamakan keselamatan sudah dibahas jauh-jauh hari sebelum Operasi Ketupat Semeru digelar.

“Ini juga peringatan untuk PO bus agar memperhatikan kesiapan sopir bus saat membawa penumpang,” tandasnya.(wld/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
33o
Kurs