Minggu, 28 April 2024

Psikolog Beri Tips untuk Mencegah Tawuran di Kalangan Remaja

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Para pelaku pembawa senjata tajam dan hendak tawuran ketika dihadirkan dalam jumpa pers di Mapolsek Tambaksari, Surabaya, Senin (16/10/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Vera Itabiliana Hadiwidjojo psikolog dari Universitas Indonesia (UI) berpendapat, tawuran yang melibatkan anak dan remaja dapat dicegah melalui pendekatan kepada pimpinan kelompoknya.

“Setiap kelompok remaja pasti ada yang paling dominan atau di-look up oleh teman-temannya. Mereka ini didekati dan disalurkan kelebihannya sehingga dia menemukan hal lain yang positif untuk menyalurkan eksistensi dirinya,” kata Vera dilansir Antara pada Senin (19/2/2024).

Menurutnya, cara lain guna mencegah tawuran yakni dengan mendekati para alumni sekolah yang masih kerap mempengaruhi adik-adik kelasnya untuk tawuran atas nama tradisi.

Dia meyakini upaya mencegah remaja terlibat tawuran ini melibatkan semua pihak yang berada di sekitar remaja itu sendiri termasuk orangtua dan pihak sekolah.

“Bekerja sama dan serentak. Orangtua tidak bisa sendirian, sekolah pun tidak bisa sendirian,” ujranya.

Vera lalu menuturkan pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (Permendikbudristek PPKSP) menyatakan bahwa berbagai berbagai pihak perlu dilibatkan untuk mencegah kekerasan, termasuk kekerasan fisik seperti tawuran atau perkelahian massal.

Aturan itu menyebutkan bahwa upaya pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat, termasuk para pemangku kepentingan dan warga satuan pendidikan.

Warga satuan pendidikan meliputi peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan lainnya yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan di lingkungan satuan pendidikan serta masyarakat yang beraktivitas atau yang bekerja di lingkungan satuan pendidikan.

Sementara itu, orangtua dapat berperan aktif salah satunya dengan cara bergabung menjadi anggota tim pencegahan dan penanganan kekerasan (TPPK), sebagai perwakilan orangtua di sekolah anak masing-masing.

Selain itu, sebagai upaya pencegahan kekerasan di satuan pendidikan, orangtua juga dapat berpartisipasi dengan turut serta mengkampanyekan dan melakukan sosialisasi terhadap pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan baik melalui media sosial maupun kepada orang tua lain serta lingkungan sekitar.

Di dalam keluarga, upaya pencegahan kekerasan dapat dilakukan secara aktif dengan memberikan pengetahuan kepada anak terkait kekerasan, baik untuk mencegah anak menjadi pelaku, yang harus dilakukan saat anak menjadi korban, maupun yang harus dilakukan saat melihat temannya menjadi korban.

“Tapi mungkin perlu riset yang menyeluruh tentang sebab dan bagaimana cara pencegahan yang efektif,” tutur Vera. (ant/ike/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs