Minggu, 28 April 2024

Puluhan Negara Maksimalkan Bantuan ke Gaza Melalui Koridor Laut Siprus

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Warga menunggu untuk menerima pasokan bantuan kemanusiaan di Kota Gaza Warga menunggu untuk menerima pasokan bantuan kemanusiaan di Kota Gaza, pada 17 Maret 2024. Foto: Antara

Para pejabat dari 36 negara dan organisasi bertemu guna membahas cara-cara untuk memaksimalkan bantuan ke Gaza melalui koridor laut Siprus.

Melansir Antara, Jumat (22/3/2024), pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Uni Eropa (UE), G7, dan sejumlah lembaga nonpemerintah yang terlibat dalam penanganan dan pengiriman pasokan bantuan ke Gaza.

Mereka membahas cara-cara untuk meningkatkan operasi dalam hal pengiriman, transportasi, dan distribusi bantuan, kata Menteri Luar Negeri Siprus Constantinos Kombos di Larnaca, basis operasi bantuan tersebut.

Selain itu, para pejabat juga membahas penetapan dana untuk membiayai operasi itu, kata Kombos.

Kapal yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Gaza
Sebuah kapal yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Gaza berangkat dari pelabuhan Larnaca, Siprus, pada 12 Maret 2024. Foto: Antara

Sementara, menurut media lokal, Siprus telah sepakat dengan Israel mengenai pencabutan blokade laut yang diberlakukan pada 2007 guna memfasilitasi pengiriman bantuan ke Gaza.

Untuk gelombang pertama bantuan via koridor laut Siprus akan berangkat ke Gaza pada 12 Maret mendatang.

Sebelumnya, sejumlah badan PBB dan organisasi bantuan telah menyatakan kekhawatirannya mengenai potensi bencana kelaparan di Gaza.

Namun, jumlah bantuan yang diizinkan untuk memasuki Gaza oleh Israel, tidak dapat memenuhi kebutuhan bagi warga di Gaza. (ant/sya/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs