Sabtu, 11 Mei 2024

DK PBB Gelar Pemungutan Suara Terkait Rancangan Resolusi Bantuan Gaza Hari ini

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Rapat Dewan Kemanan PBB di New York, Amerika Serikat. Foto: PBB

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) akan menggelar pemungutan suara mengenai rancangan resolusi terkait situasi di Gaza pada Selasa (19/12/2023).

Rancangan resolusi tersebut menyerukan penghentian segera permusuhan di Gaza guna membuka akses tanpa hambatan untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan ke wilayah kantong tersebut.

Melansir dari Antara, pemungutan suara semula dijadwalkan dilakukan pada Senin (18/12/2023) malam. Namun, negara-negara anggota Dewan Keamanan belum mencapai kesepakatan mengenai rancangan resolusi tersebut, menurut informasi yang diperoleh Anadolu dari sumber-sumber PBB.

Teks tersebut, yang disusun oleh Uni Emirat Arab (UAE), menegaskan kembali bahwa semua pihak yang berkonflik harus mematuhi kewajiban mereka berdasarkan hukum internasional.

Mereka juga meminta agar mekanisme pemantauan PBB dikerahkan secepatnya.

Teks tersebut juga menyerukan pembebasan semua sandera secepatnya dan tanpa syarat, dan mengutuk secara tegas semua pelanggaran hukum kemanusiaan internasional, termasuk serangan tanpa pandang bulu terhadap warga sipil. (ant/mel/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
31o
Kurs