Sabtu, 20 Juli 2024

Puncak Arus Mudik Susulan di Pelabuhan Tanjung Perak Diprediksi Terjadi H-1 Lebaran

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Suasana pemudik mengangkat sejumlah barang pribadi yang turun di Terminal Penumpang Jamrud Utara, Sabtu (6/4/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya terus menerima penumpang turun menjelang lebaran. Pihak otoritas pelabuhan memprediksi akan ada puncak arus mudik susulan jelang H-1 lebaran.

Prediksi puncak arus mudik susulan itu diutarakan Dhany Rahmat Agustian General Manager Gapura Pelabuhan Kalimas dan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN).

Dhany menyatakan, puncak arus mudik susulan itu tidak akan sepadat puncak arus mudik sebelumnya yang terjadi pada Rabu (3/4/2024) kemarin, dengan jumlah penumpang mencapai 14 ribu orang.

“Kemungkinan H-1 perkiraan. Karena berurutan kedatangan kapal penumpang, terutama dari Indonesia Timur. Tapi gak sepadat puncak tanggal 3 April kemarin,” kata Dhany kepada suarasurabaya.net, Minggu (7/4/2024).

Jumlah kapal yang akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak pada puncak mudik susulan itu diperkirakan sebanyak 9 armada yang berasal dari perusahaan Pelni dan swasta.

“Sementara yang terkonfirmasi lima kapal. Mungkin ditambah kapal lain di angka sembilan sampai 10 kapal,” jelasnya.

Sementara itu, menurut data yang dicatat otoritas pelabuhan, 91.000 penumpang sudah mudik melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Dhany menyebut penumpang yang turun di Terminal GSN didominasi pemudik yang merantau di Banjarmasin di Kalimantan Selatan, Makassar di Sulawesi Selatan, dan Balikpapan di Kalimantan Timur.

Sedangkan untuk penumpang yang naik dari Terminal GSN ingin menuju ke lokasi wisatawan, salah satunya Pulau Lombok. Kemudian disusul tujuan ke Makassar dan Balikpapan.

“Yang berangkat kebanyakan ke wisatawan ya, ke Lombok mereka,” ujar Dhany. (wld/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 20 Juli 2024
23o
Kurs