Kamis, 2 Mei 2024

Qiyamul Lail, 15 Ribu Jemaah Padati Masjid Al-Akbar Surabaya di Malam ke-23 Ramadan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Manggapai Lailatul Qadar, ribuan jemaah yang memadati Masjid Nasional Al Akbar Surabaya saat Salat Tasbih di malam ke-23 bulan Ramadan, Rabu (3/4/2024) dini hari. Foto: Firman magang suarasurabaya.net

Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya dipadati sekitar 15 ribu jemaah yang mengerjakan qiyamul lail pada malam ke-23 Ramadan pada Rabu (3/4/2024) dini hari untuk menggapai Lailatul Qadar.

Pantauan suarasurabaya.net ribuan jemaah yang hadir sudah memadati Masjid Al-Akbar Surabaya sejak Salat Tarawih dan melanjutkan qiyamul lail.

Helmy M Noor Humas Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya mengatakan, qiyamul lail malam ke-23 lebih ramai dibanding malam ke-21 kemarin.

“Malam ini diperkirakan ada 15 ribu jemaah yang mengikuti qiyamul lail,” ucap waktu ditemui di Masjid Al-Akbar Surabaya.

Ribuan jemaah Masjid Nasional Al Akbar Surabaya saat Salat Tasbih di malam ke-23 bulan Ramadan, Rabu (3/4/2024). Foto: Firman magang suarasurabaya.net

Menurut perkiraannya, 10 hari terakhir Ramadan tahun ini lebih ramai daripada Ramadan tahun 2023 sebelumnya. Helmy menyebut, jemaah yang memadati masjid di malam ke-23 Ramadan ini juga didominasi oleh anak muda.

“Tahun ini juga sangat didominasi oleh anak-anak muda,” katanya.

Antusiasme anak muda untuk beribadah ke masjid nasional ini juga ditengarai adanya daya tarik terhadap konsep Ramadan yang berbeda tiap tahunnya di Masjid Al-Akbar.

Misalnya, pada momen qiyamul lail ini, pengurus Masjid Al-Akbar turut memamerkan Alquran berukuran besar di pintu masuk utama masjid.

“Ya, itu wakaf dari orang untuk dipajang di masjid. Kita pamerkan di qiyamul lail untuk menarik minat masyarakat juga,” ujarnya.

Alquran berukuran besar yang dipamerkan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya saat 10 hari terakhir bulan Ramadan, Rabu (3/4/2024). Foto: Firman magang suarasurabaya.net

Kata Helmy,  Alquran berukuran 110 sentimeter, lebar 180 sentimeter dan berisi 121 lembar serta bobot 25 kilogram itu menggambarkan agar anak-anak muda yang semakin giat belajar dan membaca Alquran.

“Buat motivasi saja, orang dulu menulis Alquran berukuran segitu besarnya pakai tangan bisa, masa anak sekarang tinggal baca dan belajar masih malas-malasan,” paparnya.

Di lokasi yang sama, Reza Nizar Maulana salah satu jemaah yang mengikuti qiyamul lail mengatakan, jika di Masjid Al-Akbar selalu menyiapkan tema berbeda di setiap bulan Ramadan.

“Sangat nyaman dan konsepnya selalu bisa menarik masyrakat untuk mengikuti salat malam disini,” katanya.

Reza juga menjelaskan jika qiyamul lail di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya sangat nyaman sehingga seluruh kalangan tidak perlu khawatir untuk mengikuti qiyamul lail di Masjid Al Akbar.

“Penataannya sangat bagus, tidak bikin sumpek juga. Yang terpenting salat malam disini tidak lama dan tidak cepat juga, jadi bisa merasakan keberkahan qiyamul lail,” tandasnya.(man/wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs