Minggu, 28 April 2024

Stand Pakaian, Aksesoris hingga Kerajinan Tangan Ramaikan Bank Jatim QRIS Ramadan Vaganza

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Stand bazar Bank Jatim QRIS Ramadan Vaganza di Balai Kota Surabaya Karya Seni buatan anak disabilitas Rumah Anak Prestasi (RAP) Surabaya dalam bazar Bank Jatim QRIS Ramadan Vaganza di Balai Kota Surabaya, Senin (25/3/2024). Foto: azwa magang suarasurabaya.net

Dalam rangka menyemarakkan Ramadan, Suara Surabaya Media berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dengan menggelar Bank Jatim QRIS Ramadan Vaganza di Balai Kota Surabaya.

Tidak hanya diisi dengan berbagai acara menarik, seperti tausiyah, live music, hingga santunan kepada 100 anak yatim by Lazisnu.

Selain itu juga ada puluhan bazar kuliner hingga stand pakaian, kerajinan, dan pernak-pernik memenuhi halaman Balai Kota Surabaya.

Riska salah seorang pedagang karya seni menyebut, produk-produk yang dijualnya tersebut merupakan karya anak disabilitas dari Rumah Anak Prestasi (RAP) Surabaya.

“Kita kan bagian dari Dinsos (Dinas Sosial) Surabaya, jadi semua produk yang kita jual disini adalah karya dari temen-temen disabilitas RAP,” tutur Riska kepada suarasurabaya.net, Senin (25/3/2024) petang.

Produk yang dijual terdiri dari tempat tisu, taplak meja, sablon mug, dan baju batik. Selain itu juga ada hasil karya fotografi dan lukisan. Mulai dari harga Rp20.000 hingga Rp350.000.

“Kalau yang paling laris biasanya kain batik di range harga Rp250.000 sampai Rp350.000,” jelas Riska.

Stand bazar Bank Jatim QRIS Ramadan Vaganza di Balai Kota Surabaya
Endang, seorang pedagang aksesoris Kaira Craft dalam bazar Bank Jatim QRIS Ramadan Vaganza di Balai Kota Surabaya, Senin (25/3/2024). Foto: azwa magang suarasurabaya.net

Di kesempatan yang sama, Endang seorang pedagang aksesoris Kaira Craft mengatakan, bazar di bulan Ramadan seperti ini menjadi agenda rutin dari Pemkot untuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Surabaya.

“Tahun ini menurut saya lebih banyak (jumlah UMKM) daripada tahun kemarin,” kata Endang.

Ia menjelaskan, produk UMKM miliknya yang terdiri dari gelang, cincin, bros, strap HP, dan connector masker dibanderol mulai dari termurah Rp5000 hingga termahal Rp150.000.

“Ini ada yang dari tembaga, manik manik, kulit, dan kayu. Kita handmade semua,” ucap Endang.

Aneka kerajinan tangan yang tersedia di Bank Jatim QRIS Ramadan Vaganza di Balai Kota Surabaya, Senin (25/3/2024). Foto: azwa magang suarasurabaya.net
Aneka kerajinan tangan yang tersedia di Bank Jatim QRIS Ramadan Vaganza di Balai Kota Surabaya, Senin (25/3/2024). Foto: azwa magang suarasurabaya.net

Dirinya mengaku, model aksesoris yang dibuatnya selalu mengikuti tren saat ini.

“Biasanya paling banyak dibeli itu gelang. Mulai remaja sampai orang dewasa juga suka. Kita juga selalu update modelnya sesuai tren karena kalau yang namanya craft harus selalu tahu tren yang ada di pasar,” jelasnya.

Melalui acara ini, lanjutnya, diharapkan juga dapat memperkuat brand Kaira Craft ke masyarakat luas sehingga dapat menggaet pelanggan baru.

“Selain butuh omzetnya, tapi yang lebih penting kita butuh (memperkuat) brand sih. Agar masyarakat bisa lebih tahu tentang merek kita, pelanggan makin banyak, baik yg pesen di tempat ataupun online,” pungkasnya.

Bank Jatim QRIS Ramadan Vaganza tersebut akan berlangsung mulai 25-31 Maret 2024. Nantinya juga akan dimeriahkan dengan sejumlah perlombaan, seperti lomba fashion show, patrol, mewarnai untuk anak, hingga beauty class. (azw/saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs