Selasa, 30 April 2024

Tim Cook CEO Apple Sambangi Istana Bahas Investasi di Indonesia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tim Cook CEO Apple. Foto: Reuters

Tim Cook Chief Executive Officer (CEO) Apple tiba di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu pagi (17/4/2024), untuk bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo guna membahas investasi perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut di Indonesia.

Antara melaporkan, Tim Cook beserta para pendampingnya tiba di halaman Istana Kepresidenan Jakarta pada pukul 08.55 WIB. Ia datang mengenakan setelan jas biru dengan celana berwarna senada.

Setelah Tim Cook masuk ke kawasan Istana, berselang kemudian Budi Arie Setiadi Menteri Komunikasi dan Informatika dan Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Perindustrian menyusul untuk menghadiri rapat pertemuan.

“Apple ini bagian dari bagaimana negara kita menarik investasi dan perhatian bagi ekosistem kemajuan teknologi ke depan,” kata Budi Arie di Istana Kepresidenan Jakarta, seperti dilaporkan Antara.

Budi menegaskan pembahasan soal investasi Apple sebagai perusahaan raksasa teknologi terbesar asal AS tersebut dapat membuat Indonesia menjadi rantai pasok dunia terhadap produk tersebut.

Sementara itu, Agus Gumiwang Menperin menyatakan produksi ponsel (handphone) di Indonesia pada 2023 mencapai 49 juta unit, sedangkan impornya hanya sebesar 2,79 juta unit. Dari 2,79 juta unit ponsel yang diimpor itu, sebanyak 85 persennya berasal dari produk Apple.

Menurut Agus, Apple merupakan pendekatan yang unik agar pemerintah dapat menciptakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) demi menciptakan nilai tambah untuk Negara.

“Oleh sebab itu kepentingan dari Indonesia tetap adalah menciptakan nilai tambahnya di Indonesia,” kata Agus.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs