Senin, 27 Mei 2024

Apple Izinkan Aplikasi Emulator Game Tersedia di App Store

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Logo Apple di Apple Store di Palo Alto, California. Foto: Reuters

Setelah melarang aplikasi emulator game, sebuah program yang memungkinkan perangkat untuk menjalankan gim dari suatu konsol, kini Apple telah mengizinkan aplikasi tersebut untuk bisa diunduh oleh pengguna melalui App Store.

Melansir laporan Antara, Sabtu (6/4/2024), Apple mengumumkan bahwa emulator game kini tersedia di App Store dan aplikasi tersebut boleh menawarkan game yang dapat diunduh, dengan catatan gim tersebut harus mematuhi segala aturan yang berlaku.

Dengan begitu, pengembang emulator konsol retro yang sebelumnya sudah mempublikasikan aplikasinya di Android kini juga dapat menghadirkan aplikasi mereka kepada pengguna iOS.

Diketahui, emulator game telah lama dilarang di perangkat iOS yang membuat pemilik iPhone mencari solusi agar bisa mengakses aplikasi tersebut, contohnya melalui jailbreaking atau menggunakan platform pengunduhan aplikasi pihak ketiga.

Di samping memberikan kelonggaran aturan untuk emulator game, Apple juga membuat peraturan baru untuk super apps seperti WeChat.

Peraturan itu mewajibkan fitur mini-games dan mini-apps dalam aplikasi tersebut harus menggunakan HTML5, sehingga tidak bisa menjadi aplikasi bawaan.

Perubahan ini dikabarkan menjadi respons Apple terhadap gugatan anti monopoli yang dilayangkan Amerika Serikat. Perusahaan teknologi itu dituduh melakukan monopoli dengan membatasi pengembang cloud game streaming dan super apps untuk mempublikasikan aplikasinya di iOS.

Baru-baru ini, Apple telah mengizinkan ketersediaan layanan cloud game streaming seperti Xbox Cloud Gaming dan GeForce Now di App Store.

Selain itu, aplikasi pemutaran musik juga sudah diperbolehkan untuk diunduh di iOS untuk wilayah Uni Eropa, termasuk mengizinkan tautan di dalam aplikasi yang mengarahkan pengguna untuk melakukan pembelian konten musik digital. (ant/sya/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
25o
Kurs