Sabtu, 15 Juni 2024

Tingkat Pengangguran Terbuka Jatim Turun 1,17 Juta Jiwa

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim waktu meninjau salah satu booth UMKM dalam Job Fair Merdeka Berkarir 2023 di Galaxy Mall Surabaya, Selasa (19/9/2023). Foto: Dok/ Wildan suarasurabaya.net

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Jawa Timur (BPS Jatim), tingkat pengangguran terbuka (TPT) Jatim mengalami penurunan 4,88 persen sebanyak 1,17 juta jiwa pada Agustus 2023.

Penurunan TPT Jatim pada periode tersebut tercatat lebih rendah 0,61 persen secara year on year (yoy) dibanding Agustus 2022, yaitu 5,49 persen atau sebanyak 1,26 juta jiwa.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mengatakan, penurunan angka TPT ini menjadi pertanda perekonomian Jatim terus membaik.

“Alhamdulillah, penurunan TPT ini cukup signifikan. Tentunya ini berkat upaya kita bersama salah satunya dalam meningkatkan kualitas angkatan kerja sehingga angka TPT di Jatim terus menurun,” terangnya, Kamis (4/1/2024).

Khofifah menyebut, penurunan TPT Jatim juga tercatat lebih banyak daripada rata-rata TPT nasional secara yoy. Tercatat, TPT nasional pada Agustus 2023 sebesar 5,32 persen dan hanya turun 0,54 persen poin dibanding Agustus 2022.

Penurunan TPT di Jatim, lanjut Khofifah, telah melalui sejumlah upaya. Meski begitu, ia mengaku masih banyak PR untuk diperbaiki pada tahun 2024 ini.

“Penurunan TPT ini akan selalu menjadi resolusi tahunan kami di pemerintahan. Target untuk 2024 ini tentu penurunan angka yang lebih signifikan lagi. Insya Allah bisa terwujud,” katanya.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemprov Jatim supaya TPT turun adalah menggelar job fair yang dilaksanakan di Surabaya dan beberapa UPT BLK di Jatim, oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim.

Serta, melakukan peningkatan mutu pendidikan vokasi oleh Dinas Pendidikan Jatim.

“Kita juga memberi pembekalan angkatan kerja dengan pelatihan berbasis kompetensi. Pelatihan kerja ini dilakukan dengan berbagai kejuruan yang diperlukan dunia kerja formal maupun non formal dan disediakan secara gratis pada 16 UPT BLK se-Jawa Timur,” terangnya.

Khofifah menambahkan, disediakan pula pelatihan dan sertifikasi kompetensi calon PMI. Ada juga pelatihan Millenial Job Center (MJC) bagi freelancer, Disnakertrans Jatim telah memberikan akses penuh kepada 300 mentor se Jatim, untuk diberikan pendampingan, pelatihan dan sertifikasi kompetensi.

“Selain itu, kami juga berupaya menciptakan lingkungan yang mendukung untuk berbagai profesi. Termasuk kenaikan upah buruh yang meski sedikit tetap mengalami kenaikan,” tandasnya. (wld/bil/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 15 Juni 2024
26o
Kurs