Senin, 29 April 2024

Trump Disebut Setop Mendanai Perang di Ukraina Jika Menang Pilpres Amerika Serikat

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Donald Trump menjadi salah satu tokoh siap maju sebagai calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik. Foto: Reuters

Donald Trump disebut akan menghentikan bantuan keuangan kepada Ukraina apabila dirinya terpilih kembali sebagai presiden Amerika Serikat (AS), menurut Viktor Orban Perdana Menteri (PM) Hungaria pada Senin (11/3/2024).

Dalam wawancara bersama saluran televisi asal Hungaria M1, Orban mengatakan bahwa perang antara Rusia dan Ukraina akan berhenti apabila AS tidak memberi dana maupun persenjataan dan negara-negara Eropa mengikuti langkah AS.

“Jika Amerika tidak memberi dana, maka Eropa tidak bisa membayar untuk perang tersebut sendirian, dan perang juga akan berakhir,” katanya dikutip Antara.

Meski Trump bukan lagi presiden AS saat ini, Partai Republik terus menentang usulan Partai Demokrat, partai pendukung Joe Biden untuk mengirimkan dana guna mendukung Ukraina berperang melawan Rusia.

“Trump berkata jika ia terpilih lagi, ia tidak akan membiarkannya lagi. Ia tidak akan memberikan dana sepeserpun. Dengan demikian, perang pun berakhir,” kata PM Hungaria itu.

Trump dan Orban adalah sekutu karib yang sama-sama memiliki pandangan politik konservatif, dan keduanya pada sejumlah kesempatan secara terbuka menyampaikan dukungan kepada satu sama lain.

Pada Jumat (8/3/2024), Orban menemui Trump di rumah pribadinya di Mar-a-Lago, Florida dan mendiskusikan beragam isu yang menjadi kepentingan bersama antara Hungaria dan Amerika Serikat.

Ia juga mendukung Trump yang mencalonkan diri lagi sebagai presiden AS serta dalam upayanya menghadapi sejumlah tuntutan hukum. (ant/azw/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs