Sabtu, 27 April 2024

Warga Malang Diminta Waspadai Dampak Cuaca Ekstrem Kawasan Pesisir

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Personel BPBD Kabupaten Malang melakukan monitoring kondisi cuaca dan tinggi gelombang air di salah satu pantai yang ada di wilayah selatan Kabupaten Foto: BPBD Kabupaten Malang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang meminta warga termasuk wisatawan untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah pesisir pantai di kawasan Malang bagian selatan.

Sadono Irawan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (16/3/2024) mengatakan bahwa masyarakat diharapkan meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi dampak cuaca ekstrem.

“Untuk masyarakat termasuk wisatawan, hendaknya untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan,” kata Sadono seperti dilaporkan Antara.

Sadono menjelaskan, untuk masyarakat setempat yang tinggal di kawasan pesisir pantai di wilayah Malang selatan, diminta untuk melakukan monitoring lingkungan secara berkala dan mandiri dan menghindari kegiatan di tengah cuaca ekstrem.

Menurut Sadono, dampak cuaca ekstrem yang terjadi di kawasan pesisir Malang bagian selatan tersebut menyebabkan peristiwa banjir rob pada Rabu (13/3). Ada sejumlah pantai di wilayah tersebut terdampak gelombang air yang tinggi dan mencapai daratan di kawasan pesisir itu.

“Saat itu, gelombang air laut naik sampak ke daratan di kawasan pesisir pantai di wilayah selatan Kabupaten Malang,” katanya.

Berdasarkan catatan BPBD Kabupaten Malang, sejumlah pantai yang terdampak cuaca ekstrem tersebut antara lain adalah Pantai Ngliyep dan Pantai Pasir Panjang di Kecamatan Donomulyo dan Pantai Balekambang di Kecamatan Bantur.

“Di Pantai Balekambang, gelombang air sampai badan jalan di tempat wisata. Beberapa spot foto juga rusak terkena gelombang, dan air juga naik ke pertokoan warga,” katanya.

Ia menambahkan, gelombang air laut tersebut juga berdampak di Pantai Batu Bengkung, Pantai Ungapan di Kecamatan Gedangan, Pantai Tamban dan Pantai Sendangbiru di Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

“Cuaca ekstrem juga berdampak di Pantai Bajulmati, gelombang naik mendekati warung milik warga dan dua buah gazebo hanyut. Air laut juga menggenang di beberapa titik saat itu,” katanya.

Kondisi saat ini, lanjutnya, sudah dilaporkan kondusif dan aman, namun masyarakat di wilayah Malang bagian selatan khususnya yang ada di pesisir pantai untuk tetap waspada adanya potensi cuaca ekstrem yang bisa membahayakan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan adanya potensi cuaca ekstrem yang bisa memicu bencana hidrometeorologi seperti angin kencang, banjir dan juga tanah longsor.pada sejumlah wilayah di kabupaten kota di Jawa Timur.

Berdasarkan pantauan citra satelit beberapa wilayah di Jawa Timur, masyarakat diminta mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan terjadinya peristiwa bencana pada periode 12-18 Maret 2024.

Saat ini wilayah Jawa Timur berada pada akhir musim hujan dan memasuki fase peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs