Sabtu, 4 Mei 2024

Warga Negeri Wakal di Maluku Tengah Melaksanakan Salat Idulfitri Hari Ini

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Masyarakat Negeri Wakal, Maluku Tengah saat menggelar salat Idulfitri di Masjid Nurul Awal Wakal, Senin (8/4/2024). Foto: Antara Masyarakat Negeri Wakal, Maluku Tengah saat menggelar salat Idulfitri di Masjid Nurul Awal Wakal, Senin (8/4/2024). Foto: Antara

Masyarakat di Negeri Wakal, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, melaksanakan salat Idulfitri pada Senin (8/4/2024) hari ini.

“Iya hari ini kami melaksanakan Salat Idulfitri lebih dulu. Karena kami sudah genap 30 hari Ramadan,” kata Ahaja Suneth Raja Negeri Wakal dilansir Antara.

Pelaksanaan Salat Idulfitri diikuti ribuan warga baik baik perempuan maupun laki-laki di Masjid Nurul Awal Wakal yang mulai pukul 09.00 WIT.

Salat Id di Wakal dipimpin Tahir Supele, Imam Masjid Nurul Awal, sekaligus yang memberikan khotbah.

Belasan anggota polisi diterjunkan Polsek Leihitu untuk ikut menjaga dan mengamankan pelaksanaan Salat Id di Wakal. Selain Polri, ada juga sejumlah anggota TNI.

Ahaja Suneth mengatakan, pelaksanaan Salat Id oleh warga Wakal digelar lebih awal dari yang ditetapkan pemerintah, bukan baru kali ini. Tapi ini sudah dilakukan oleh para leluhur mereka sejak Negeri Wakal berdiri.

“Jadi bukan soal Salat Id duluan dan tidak, tapi ini berdasarkan penetapan bulan. Dan kami di Wakal sudah melakukannya sejak zaman dahulu,” ujarnya.

Suneth mengaku tokoh agama dan para penghulu Masjid Nurul Awal Wakal tidak menggunakan alat canggih untuk menghitung dan menetapkan 1 Ramadan dan 1 Syawal.

“Kami tidak gunakan alat apa pun. Tapi dengan ilmu yang sudah diturunkan oleh leluhur kami di sini. Ada perhitungan menggunakan kalender tua yang dihitung itu bulannya dan itu selalu tepat,” katanya.

Sementara itu, pada tahun ini Kementerian Agama (Kemenag) baru akan menggelar Sidang Isbat (Penetapan) 1 Syawal 1445 Hijriah pada Selasa 9 April 2024. (ant/azw/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
29o
Kurs