Kamis, 16 Mei 2024

WHO Sebut Invasi Israel ke Rafah Bisa Jadi Bencana Kemanusiaan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Warga Palestina berdiri di dekat lokasi serangan Israel terhadap sebuah rumah di Rafah di selatan Jalur Gaza pada 17 April 2024. Foto: Reuters

Tedros Adhanom Ghebreyesus Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengaku prihatin dengan rencana invasi darat Israel ke Kota Rafah di Gaza selatan yang dihuni lebih dari 1 juta warga Palestina yang berlindung dari perang Israel-Hamas.

“Invasi besar-besaran di Kota Rafah akan menjadi bencana kemanusiaan. Kami minta Israel membatalkan (rencana) itu,” kata Tedros dilansir Antara pada Rabu (1/5/2024) tengah malam.

“Kami mendesak semua pihak untuk mengusahakan gencatan senjata dan perdamaian yang kekal,” sambungnya.

Pernyataan Tedros itu muncul setelah Benjamin Netanyahu Perdana Menteri Israel pada Selasa (30/4/2024) bersumpah akan menyerang Rafah. Meski ada laporan tentang kemungkinan perjanjian gencatan senjata dengan Hamas.

Netanyahu mengatakan militer Israel akan mendatangi Rafah untuk menghancurkan pasukan Hamas di sana dengan atau tanpa perjanjian.

Israel terus membombardir Gaza sebagai balasan atas serangan lintas batas Hamas pada 7 Oktober lalu yang menewaskan sekitar 1.200 orang.

Lebih dari 34.500 warga Palestina, kebanyakan perempuan dan anak-anak, terbunuh dan ribuan orang lainnya terluka di tengah kehancuran massal dan krisis kebutuhan pokok.

Selama lebih dari enam bulan perang Israel, sebagian besar wilayah Gaza hancur dan 85 persen penduduknya mengungsi di tengah kelangkaan bahan makanan, air bersih, dan obat-obatan akibat blokade oleh Israel, menurut PBB. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
25o
Kurs