Selasa, 16 Juli 2024

Mesir dan AS Bahas Mediasi Gencatan Senjata di Tengah Rencana Serangan Israel ke Rafah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Warga Palestina memeriksa sebuah rumah yang terkena serangan Israel, di Rafah di selatan Jalur Gaza pada 16 Februari 2024. Foto: Reuters

Abdel Fattah Sisi Presiden Mesir dan Antony Blinken Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), pada Kamis (21/3/2024), membahas upaya memediasi gencatan senjata dan pertukaran tawanan di Jalur Gaza, di tengah operasi militer yang direncanakan Israel di Kota Rafah, Gaza selatan.

“Pertemuan itu membicarakan situasi terkini di Jalur Gaza. Presiden dan Menlu AS membahas perkembangan terbaru tentang upaya mediasi gabungan untuk mencapai gencatan senjata dan pertukaran tawanan,” tulis pernyataan dari kantor kepresidenan Mesir, dikutip Antara.

Dalam mediasi yang diadakan di Kairo, Sisi memperingatkan tentang risiko operasi militer tersebut, dan menekankan perlunya mengambil langkah-langkah darurat pengiriman bantuan kemanusiaan ke wilayah kantong Palestina itu.

Keduanya menyepakati pentingnya melanjutkan upaya bersama untuk memulihkan stabilitas dan keamanan di wilayah itu. Mereka juga menekankan perlunya menjamin kelancaran bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Selain itu, Sisi dan Blinken menegaskan bahwa pengusiran warga Palestina dari tanah mereka di Gaza adalah hal yang tidak dapat diterima.

Blinken sebelumnya tiba di Mesir dalam lawatannya ke Timur Tengah. Selama di Kairo, dia dijadwalkan bertemu dengan para menlu dari Mesir, Yordania, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Qatar.

Pada Oktober 2023, kelompok perlawanan Palestina Hamas melancarkan serangan roket besar-besaran ke Israel dari Gaza dan menerobos perbatasan. Serangan itu menewaskan 1.200 orang dan Hamas menyandera 240 orang lainnya.

Israel lalu membalas dengan serangan habis-habisan, memblokade penuh Gaza, melancarkan serangan darat di dalam wilayah kantong Palestina itu untuk menumpas pejuang Hamas dan membebaskan sandera. Akibatnya, lebih dari 31.900 orang telah tewas di Jalur Gaza. (ant/azw/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Selasa, 16 Juli 2024
30o
Kurs