Senin, 29 April 2024

WNI Kini Bisa Berkunjung ke Iran Tanpa Visa

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Situs ikonik Masjid Shah Isfahan Iran diakui UNESCO sebagai warisan benda bersejarah. Foto: Tehrantimes Situs ikonik Masjid Shah Isfahan Iran diakui UNESCO sebagai warisan benda bersejarah. Foto: Tehrantimes

Mohammad Boroujerdi Duta Besar Iran untuk Indonesia mengatakan, mulai sekarang Warga Negara Indonesia (WNI) tidak memerlukan visa lagi untuk berkunjung ke negaranya.

“Iran telah membebaskan kunjungan masyarakat Indonesia ke negara kami untuk meningkatkan hubungan antarmasyarakat. Masalah visa ditiadakan. Masyarakat Indonesia yang memiliki paspor bisa langsung berkunjung ke Iran tanpa visa,” kata Boroujerdi dilansir Antara, Rabu (7/2/2024).

Dubes Iran melanjutkan, pembebasan visa ke Iran merupakan salah satu hasil kesepakatan yang tercapai antara Iran dan Indonesia ketika Sayyed Ebrahim Raisi Presiden Iran mengunjungi Indonesia pada Mei 2023.

“Kunjungan Presiden Ebrahim Raisi ke Indonesia menjadi salah satu momentum terpenting dalam sejarah hubungan kedua negara, di mana 11 naskah kerja sama untuk mengembangkan kerja sama bilateral telah ditandatangani,” ungkapnya.

Boroujerdi menambahkan, Iran siap membuka dan meningkatkan hubungan kerja sama dengan Indonesia, di bidang energi, teknologi nano, penelitian alat kesehatan, kedokteran, bioteknologi, petrokimia dan bidang lainnya.

“Sebagai dubes, saya memiliki agenda kerja yaitu menindaklanjuti beragam kesepakatan yang telah dicapai oleh presiden kedua negara. Misalnya di bidang politik, hukum, bantuan konsuler, perdagangan, perekonomian perbankan, dan energi”, tegasnya.

Lebih lanjut, Dubes Iran untuk Indonesia bilang negaranya menekankan interaksi konvergensi dan pengembangan kerja sama dengan negara-negara Asia Selatan dan Timur.

Selain itu, Iran juga berusaha menjalin hubungan yang sangat menguntungkan, lebih erat dan luas dengan seluruh negara di dunia.

“Terutama negara-negara sahabat dan yang memiliki pandangan sama dengan tujuan saling membantu dan mengisi untuk memberikan harapan regional dan global dalam mencapai perdamaian dan harmoni,” jelasnya.

Mengingat pentingnya kedudukan dan peran ekonomi ASEAN di Asia Timur, ujar Boroujerdi, Iran selalu berupaya memperkuat hubungannya dengan lembaga regional itu.

“Kami telah mengirimkan permintaan kami tentang kesiapan meningkatkan status kerja sama dengan ASEAN menjadi mitra dialog ke Sekretariat ASEAN,” pungkasnya. (ant/ike/saf/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs