Selasa, 16 Juli 2024

Yordania dan AS Bahas Upaya Gencatan Senjata di Gaza

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Orang-orang menyaksikan militer AS melakukan pertolongan pertama di Gaza. Foto: Reuters

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Yordania menyatakan sedang membahas upaya mencapai gencatan senjata komperhensif dan segera di Jalur Gaza dengan Amerika Serikat (AS).

Pembahasan tersebut dilakukan dalam pertemuan antara Ayman Safadi Menlu Yordania dan Barbara Leaf, Asisten Menlu AS untuk Urusan Timur Dekat, di Amman, Sabtu (16/3/2024) waktu setempat.

“Perlunya menghentikan perang dan bencana kemanusiaan yang diakibatkannya dan memastikan perlindungan warga sipil dan pengiriman bantuan kemanusiaan yang cukup dan berkelanjutan ke seluruh wilayah Jalur Gaza secara luas, aman, dan tanpa hambatan,” kata Menlu Yordania yang dikutip Antara dari kantor berita Anadolu, Minggu (17/3/2024).

Israel diketahui telah melancarkan serangan militer mematikan di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas pada 7 Oktober yang dipimpin oleh Hamas dan menewaskan 1.163 orang.

Akibat serangan Israel, lebih dari 31.500 warga Palestina yang sebagian besar perempuan dan anak-anak tewas di Gaza. Lalu sebanyak 73.546 orang lainnya terluka akibat kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.

PBB mencatat bahwa perang Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah blokade yang melumpuhkan sebagian besar makanan, air bersih dan obat-obatan. Sementara sebanyak 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk memastikan pasukannya tidak melakukan tindakan genosida dan menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Selasa, 16 Juli 2024
30o
Kurs