Sabtu, 20 April 2024

Kroasia Berpeluang Lolos Setelah Kalahkan Kamerun 4-0

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Unggul jumlah pemain membuat Kroasia menang telak 4-0 atas Kamerun pada pertandingan Grup A Piala Dunia 2014 yang digelar di Arena Amazonia, Manaus (19/6).

Gol Kroasia dicetak oleh Ivan Olic (11′), Ivan Perisic (48′),  dan Mario Mandzukic (61′ dan 73′).

Hasil ini membuat Kroasia berada di urutan ketiga klasemen sementara Grup A dengan nilai 3 dan tetap berpeluang untuk lolos ke babak selanjutnya. Kroasia hanya tertinggal dari satu poin  dari urutan pertama dan kedua Brasil dan Meksiko yang memiliki nilai sama 4.

Terakhir Kroasia akan berhadapan dengan Meksiko. Hasil ini juga memastikan Kamerun tidak lolos ke babak selanjutnya. Seluruh tim telah melakukan dua pertandingan dari tiga yang harus dilakoni.

Di babak kedua, Kamerun harus bermain dengan sepuluh orang pemain menyusul pelanggaran yang dilakukan Alex Song. Alex Song memukul punggung Mario Mandzukic yang berlari tanpa bola sampai membuatnya terjatuh. Sementara Kamerun harus bekerja lebih keras untuk membalas gol Ivica Olic untuk menjaga peluang lolos dari fase grup.

Ivan Perisic menggandakan kedudukan Kroasia pada pertandingan yang baru berjalan tiga menit di babak kedua ini sehingga Krosia unggul 2-0. Perisic berlari dari sisi kanan pertahanan Kamerun, tetapi tak ada satu pun yang menghentikan langkahnya. Hingga di area pinalti, Itandje tak bisa menghalau bola lesakan Perisic.

Menit 54 Moukandjo mencoba membawa bola sendirian dari tengah hingga ke lini pertahanan Kroasia, tetapi bisa dijegal oleh Ivan Rakitic. Rakitic lalu memberikan umpan kepada Srna yang tendangannya tak membahayakan gawang Itandje.

Penyerang Bayern Muenchen, Mario Mandzukic membuat Kroasia unggul 3-0 atas Kamerun lewat sundulannya setelah menerima umpan pojok Pranjic menit ke 61.

Tak mau menyerah, Kamerun tetap melancarkan serangan lewat Aboubakar tetapi tendangannya diblok oleh Corluka pada menit 66.

Setelah itu, Mbia mencoba keberuntungan melakukan tendangan keras jauh dari luar kotak pinalti, tetapi tendangan masih melambung tinggi.

Sepertinya pelatih Kroasia, Niko Kovac belum puas dengan keunggulan 3-0 Krosia. Pasalnya pada menit ke-69 Kovac menarik gelandang yang membuat gol pertama Olic dan memasukkan penyerang Eduardo.

Dan pergantian pemain itu terbukti efektif. Meneruskan operan pemain pengganti Eduardo, Mandzukic yang berada di depan gawang menceploskan gol keduanya untuk keunggulan Kroasia 4-0 menit 74.

Sementara Kamerun mencoba menyerang lewat pemain pengganti Edgar Salli, tetapi kiper Stipe Peltikosa melakukan intersep.

Menit 88 kiper Itandje lagi-lagi membuat penyelamatan apik dengan memblok tendangan Rebic.

Kroasia menguasai 51 persen penguasaan bola, sementara Kamerun 49 persen. Total tendangan ke gawang 21 untuk Kroasia, 7 untuk Kamerun.

Dilansir Antara, Kamis (19/6/2014) WIB, Kamerun harus pulang lebih cepat karena kekalahan ini. Sementara Kroasia (3 poin) masih bersaing dengan Brasil dan Meksiko yang mengoleksi empat poin. Pertandingan menentukan akan tersaji pada tanggal 24 Juni di Recife, Kroasia melawan Meksiko. Sementara Kamerun melawan Brasil di Brasilia, 24 Juni.

Susunan pemain:
Kroasia: Stipe Pletikosa, Danijel Pranjic, Ivan Perisic (Rebic), Vedran Corluka, Dejan Lovren, Ivan Rakitic, Luka Modric, Darijo Srna (c), Mario Mandzukic, Ivica Olic (Eduardo), Sammir (Kovavic)

Pelatih: Niko Kovac

Kamerun: Charles Itandje, Benoît Assou-Ekotto, Nicolas N’Koulou (c), Alex Song, Benjamin Moukandjo, Vincent Aboubakar (Webo), Maxim Choupo-Moting (Salli), Aurélien Chedjou, Stéphane M’bia, Eyong Enoh, Joël Matip

Pelatih: Volker Finke. (ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs