Minggu, 19 Mei 2024
Duel Rabu Dini Hari Nanti

Prediksi Bayern Muenchen vs Arsenal

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Urusan antara Bayern Muenchen dengan Arsenal nyata-nyata belum selesai. Kedua tim sama-sama beradu muka dan berbalas kata. Keduanya saling menggertak di atmosfer Liga Champions.

Bayern Muenchen akan berduel dengan Arsenal dalam leg kedua perdelapan Final Liga Champions yang digelar di Stadion Allians Arena pada Selasa waktu setempat, atau Rabu dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan disiarkan oleh SCTV.

Lepas dari Barcelona, Pep Guardiola membawa dan menghela Muenchen menjadi lokomotif yang siap menggilas siapa pun lawan. Berbekal etos kerja ala Jerman yang siap habis-habisan di lapangan, pelatih asal Spanyol itu mengukir hasil kerja dalam rekor kemenangan demi kemenangan.

Di bawah Guardiola, Die Roten, julukan bagi Muenchen, belum pernah menelan pil pahit kekalahan dalam 49 pertandingan di Bundesliga.

Arjen Robben dan kawan-kawan bahkan mencatat rekor kemenangan secara beruntun di seluruh kompetisi sepanjang 2014. Total 15 gol telah dikemas Muenchen di ajang domestik.

Betapa jawara dari Bundesliga ini demikian digdaya. Tinggal sekarang, Arsenal membutuhkan kerja dan kerja dengan memperbaiki beberapa segi kelemahan, utamanya dalam merancang skema serangan.

Pasukan asuhan Arsene Wenger ini sama sekali justru tidak memerlukan keajaiban. Keajaiban hanya ada dan berlaku di dunia “sono”. Yang ada dalam realitas bernama laga sepak bola, hanyalah taktik dan penerapan aktual di lapangan, dengan hasil kemenangan.

Arsenal menelan kekalahan 0-2 dari Bayern Muenchen di Emirates Stadium (19/2). Di Hadapan publik sendiri, Mesut Oezil bersama sesama rekan tertunduk lesu setelah kebobolan dua gol tanpa balas.

Kini, di Stadion Allianz Arena, pasukan Bayern Muenchen bakal mengacungkan tangan kanan ke udara dan memandang dengan tatapan nanar seakan berucap, “Kami ada, kami siap bertanding melawan mereka untuk Anda pendukung setia.” Stadion bergetar, bergemuruh dukungan dari ribuan fans Muenchen.

Arsenal tidak lantas lisut nyali. Di bawah naungan bunda sejarah, Arsenal tampil sebagai klub yang nyaris menghentikan laju Muenchen ke perempat final Liga Champions 2012/13. Pada 13 Maret 2013, klub asal London itu meraup kemenangan 2-0 dalam perjumpaan kedua di Fussball Arena dan menyamakan agregat menjadi 3-3.

Sekadar memutar balik jarum jam ziarah sejarah, Muenchen meluncur ke fase delapan besar berkat keunggulan gol tandang setelah menang 3-1 di Emirates Stadium.

Mengutip Antara, menghadapi Muenchen kali ini, jangan lagi Oezil mengirim telegram duka karena tampil mengecewakan di leg pertama. Meskipun Oezil berpaspor Jerman dan kini berkostum Arsenal, profesionalisme sebagai pemain berada di atas segalanya.

Akankah Wenger mampu mengobarkan semangat perlawanan dengan mengalahkan pasukan Bavaria? Modalnya, Arsenal masih berpeluang meraih tiga gelar masing-masing Premier League, Liga Champions dan Piala FA.

Anatomi kedua tim:

Bayern Muenchen:
* Hasil laga pekan ini:
Laga Sabtu: VfL Wolfsburg 1-6 Bayern (Naldo 17; Shaqiri 26, Mueller 63 78, Mandzukić 66 80, Ribéry 71)
Susunan pemain: Neuer (penjaga gawang); Rafinha, Boateng, Dante, Alaba; Lahm (Martínez 67); Robben, Kroos (Mandžukić 57), Shaqiri (Thiago 56), Ribéry; Mueller.

* Bayern melakoni 49 laga tak terkalahkan. Rekor ini pernah dicapai oleh Arsenal sepuluh tahun lalu. Rekor yang dicapai Bayern ini termasuk 16 kemenangan secara beruntun. Ini rekor anyar dalam catatan perjalanan Bundesliga. * Bayern akan turun dengan susunan pemain inti, minus Holger Badstuber yang sedang dibekap cedera lutut.

Arsenal:
* Suspensi dan cedera:
Szczęsny terkena suspensi karena menerima kartu merah di leg pertama; Walcott (cedera lutut); Wilshere (cedera kaki); Källström (diragukan pulih); Koscielny (belum pulih dari cedera hamstring); Monreal (cedera engkel); Ramsey (cedera otot).

* Hasil laga pekan ini:
Laga Sabtu : Arsenal 4-1 Everton FC (Oezil 7, Arteta 68pen, Giroud 83 85; Lukaku 32)
Susunan pemain: Fabianski (penjaga gawang); Sagna, Vermaelen, Mertesacker, Gibbs (Jenkinson 78); Arteta, Flamini; Oxlade-Chamberlain (Rosický 78), Oezil, Cazorla; Sanogo (Giroud 61).

* Oezil mencetak gol yang pertama sejak 8 Desember yang membawa Arsenal melaju ke semi-final Piala FA. Mereka akan berhadapan dengan Wigan Athletic pada 12 atau 13 April 2014.

* The Gunners menang tiga kali dari lima pertandingan tandang ke Jerman, dengan dua laga berakhir imbang. Menang 1-0 atas Borussia Dortmund juga memperpanjang rekor Arsenal di laga tandang. Catatan rekor Arsenal secara keseluruhan: lima kali menang, empat kali imbang, lima kali kalah. Melawan klub-klub asal Jerman, Arsenal mengukir rekor: 14 kali menang, lima kali imbang, sepuluh kali kalah.

Komentar dua pelatih:

Josep Guardiola (Bayern Muenchen):
“Tentu, menang 2-0 merupakan hasil yang baik bagi kami. Meskipun, hasil itu masih menyimpan bara bahaya. Kami punya peluang lolos. Kami harus mampu mewujudnyatakan segala gagasan agar berbuah hasil yang maksimal. Liga Champions jelas lebih penting dibandingkan dengan Bundesliga. Untuk itu, kami harus berusaha sebaik mungkin.”

“Hal yang utama bagi kami, menghindari kemasukan gol. Kami harus tampil bermain dengan mentalitas bertanding luar biasa karena kami bertekad menang.”

“Kami akan bermain dengan semangat berapi-api karena kami ingin menang. Mereka (Arsenal) punya sederet gelandang yang tampil baik dan anda harus benar-benar berkosentrasi penuh ketika menghadapi mereka. Kami harus memenangi pertandingan ini. Tidak jadi soal, bila kami telah meraup kemenangan di leg pertama. Kali ini kami harus benar-benar berkosentrasi penuh.”

“Wenger pelatih yang sarat pengalaman. Ia tahu betul seluk beluk Arsenal. Ia tahu dan paham soal pemain. Arsenal selalu lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Mereka membeli banyak pemain berkualitas. Ia bekerja bermodal para pemain muda dan mereka terus berkembang dengan baik. Ia (Wenger) salah satu pelatih terbaik di dunia.”

“Arsenal membangun stadion baru, Harganya mahal dan mereka selalu menjual pemain-pemain terbaiknya. Kualitas skuadnya sangat, sangat baik. Di menit-menit terakhir di laga leg pertama, mereka mampu tampil lebih baik dibandingkan dengan kami. Mungkin mereka lawan tangguh kami di tahun ini.”

Arsene Wenger (Arsenal):
“Kami kini terus fokus agar mampu tampil gemilang melawan mereka. Sejarah berperan penting, utamanya sejarah yang pernah kami torehkan tahun lalu. Kami tahu, kami mampu kali ini karena kami telah membuktikannya tahun lalu. Ini bukan tugas mustahil bagi kami.”

“Saya punya tim berkualitas dengan segudang ambisi. Dengan penampilan terbaik, kami mampu. Kami berambisi menang. Statistik memang tidak berpihak kepada kami. Kami menang 5-1 ketika melawan Milan. Kami telah menang di belahan wilayah manapun di Eropa.”

“Kami mampu mencetak dua gol di menit-menit akhir ketika melawan Everton (pada laga Sabtu), dengan begitu kami harus fokus kepada pertandingan ini, tanpa merasa gugup. Kami berharap dapat mencetak gol lebih awal.”

“Bayern salah satu tim terbaik di Eropa, meski saya percaya diri. Sulit mengatakan jika mengatakan Bayern tampil baik dibandingkan tahun lalu. Kami akan membuktikannya. Mereka harus tampil baik. Kemenangan tidak hanya ditentukan oleh sebuah tim difavoritkan atau tidak difavoritkan.”

Prakiraan susunan pemain:
Bayern Muenchen (4-1-4-1):
Neuer (penjaga gawang), Alaba, Dante, Martinez, Rafinha, Thiago, Toni Kroos, Schweinsteiger, Robben, Mandzukic.
Pemain cadangan:
Starke, Van Buyten, Jerome Boateng, Goetze, Contento, Mueller, Ribery

Arsenal (4-1-4-1):
Fabiansky (penjaga gawang), Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs, Flamini, Oxlade Chamberlain, Oezil, Arteta, Santi Cazorla, Giroud
Pemain cadangan:
Viviano, Rosicky, Podolski, Sanogo, Monreal, Jenkinson, Gnabry

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* FC Bayern Muenchen 1-3 Arsenal (17,15 persen)
* FC Bayern Muenchen 0-3 Arsenal (10,7 persen)
* FC Bayern Muenchen 3-1 Arsenal ( 8,89 persen)

Head to Head
UEFA Champions League (UCL)
19 Feb 2014 Arsenal 0 – FC Bayern Muenchen 2
13 Mar 2013 FC Bayern Muenchen 0 – Arsenal 2
19 Feb 2013 Arsenal 1 – FC Bayern Muenchen 3

Lima laga terakhir:

FC Bayern Muenchen
8 Mar 2014 VfL Wolfsburg 1 – FC Bayern Muenchen 6 GER1
1 Mar 2014 FC Bayern Muenchen 5 – Schalke 04 1 GER1
23 Feb 2014 Hannover 96 0 – FC Bayern Muenchen 4 GER1
19 Feb 2014 Arsenal 0 – FC Bayern Muenchen 2 UCL
15 Feb 2014 FC Bayern Muenchen 4 – SC Freiburg 0 GER1

Arsenal
8 Mar 2014 Arsenal 4 – Everton 1 FA
1 Mar 2014 Stoke 1 – Arsenal 0 EPL
22 Feb 2014 Arsenal 4 – Sunderland 1 EPL
19 Feb 2014 Arsenal 0 – FC Bayern Muenchen 2 UCL
16 Feb 2014 Arsenal 2 – Liverpool 1 FA. (ant/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs