Kamis, 18 April 2024

Menpora Minta BOPI Tidak Persulit Izin Pertandingan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) meminta Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) tidak mempersulit izin pertandingan untuk beberapa turnamen sepak bola yang akan digelar promotor.

“Turnamen semuanya harus jalan. BOPI kami minta untuk tidak mempersulit izinnya,” kata Imam Nahwari Menpora di sela perayaan ulang tahun ke-42 di rumah dinas Widya Chandra Jakarta, Rabu (8/7/2015) seperti dilansir Antara.

Selama Agustus ini ada dua turnamen besar yang bakal digelar oleh promotor yang berbeda. Piala Indonesia Satu merupakan turnamen yang akan digelar oleh Mahaka Sports. Peserta turnamen ini adalah klub Indonesia Super League (ISL).

Arema dan Persebaya yang sebelumnya menjadi biang batalnya pelaksanaan ISL musim ini dipastikan juga turun pada turnamen ini. Sesuai dengan rencana turnamen ini akan dikuti 16 klub, hanya saja saat ini baru 12 klub yang bergabung, bahkan dua diantaranya masih tanda tanya.

Satu turnamen lainnya adalah Piala Kemerdekaan yang digagas Tim Transisi bentukan Kemenpora. Jika turnamen Piala Indonesia Satu masih kekurangan peserta untuk turnamen yang akan digulirkan 1 Agustus ini justru kelebihan peserta.

Hingga saat ini tercatat ada 27 klub Divisi Utama yang berpartisipasi. Untuk lolos tidaknya masih tergantung hasil verifikasi yang dilakukan oleh BOPI.

“Intinya kami sangat mendukung kompetisi atau turnamen digelar. Turnamen ini jelas sangat ditunggu-tunggu,” kata mantan Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Sementara itu Cheppy T Wartono Koordinator Pokja Komunikasi Tim Transisi mengatakan, setelah jumlah peserta Piala Kemerdekaan diketahui, tahapan selanjutnya ada proses verifikasi yang akan dilakukan oleh Tim Transisi maupun BOPI.

“Legalitas klub menjadi yang utama. Peserta Piala Kemerdekaan legalitasnya harus jelas. Untuk yang lain akan disesuaikan,” katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, proses verifikasi oleh BOPI diperkirakan memakan waktu antara dua hingga tiga hari. Setelah itu akan diketahui klub mana yang akan lolos ke turnamen yang memperebutkan hadiah utama Rp500 juta itu. (ant/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
30o
Kurs