Senin, 29 April 2024

Gubernur Jatim Minta Atlet Popnas Memiliki Mental Petarung

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Soekarwo Gubernur Jawa Timur ketika melepas atlet Popnas di kantor gubernur, Jumat (8/9/2017). Foto : Istimewa

Soekarwo Gubernur Jawa Timur meminta atlet Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV tahun 2017 memiliki jiwa petarung. Ini penting karena semangat pantang menyerah merupakan bagian dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya dalam olahraga.

“Intinya selain menjadi juara para atlet hendaknya memiliki achievement, dan lewat kejuaraan Popnas ini mereka dilatih akan pentingnya penerapan semangat tarung. Karenanya Kontingen Jatim jangan sampai grogi di depan musuh,” kata Soekarwo pada Pelepasan Kontingen POPNAS XIV/2017 Jawa Timur dan Penutupan Pertandingan Olahraga dan lomba Seni di lingkungan Kantor Gubernur Jawa Timur, di halaman Kantor Gubernur, Surabaya, Jumat (8/9/2017).

Selain memiliki jiwa petarung, atlet juga harus menerapkan konsep sport-science. Lewat konsep sport scince ini tak hanya melatih fisik para atlet, tapi juga mental. Mental juara ini salah satunya didukung dengan kesehatan dan kecerdasan yang baik. Para atlet dituntut untuk cerdas, karena dalam pertandingan dibutuhkan kecerdasan untuk bisa mengatur strategi.

Menurut dia, tumbuhnya jiwa petarung pada diri setiap atlet sangat ditentukan oleh peran pendampingnya. Para pendamping harus mendampingi atlet dengan baik, sehingga bisa mengetahui kondisi masing-masing atlet. Selain itu, pendamping adalah pengganti peran orang tua para atlet, karenanya setiap komunikasi harus terjalin dengan baik.

Dia berharap, semua urusan terkait keperluan atlet Kontingen POPNAS XIV tahun 2017 Jatim sudah terselesaikan dengan baik. Karena, kontingen ini memiliki tugas berat membawa nama Jawa Timur di kancah nasional. Disamping itu, konsumsi atlet mesti dipehatikan dan dikontrol serius. “Saya memiliki harapan besar terhadap anak-anakku sekalian, semoga bisa menjadi juara pada event POPNAS XIV/2017 yang diselenggarakan di Jateng,” ujarnya.

Sementara itu, pada ajang Popnas XIV kali ini, Jawa Timur mengirimkan 350 orang terdiri dari 283 atlet dan 67 pelatih. Mereka akan bertanding di 287 nomor dari dari 21 cabang olahraga yang dipertandingkan dan 4 cabang olahraga eksebisi.

Kontingen Jatim akan berangkat ke Semarang dengan 7 gelombang disesuaikan pelaksanaan pertandingan. Gelombang pertama akan berangkat tanggal 9 September 2017 cabang olahraga sepakbola melalui stasiun Kereta Api Pasar Turi Surabaya. Pada Tahun 2015 lalu Jatim merebut juara tiga, karenanya berkat dukungan dan motivasi Gubernur Jatim harapannya Tahun 2017 ini Jatim dapat meraih juara umum Popnas XIV. (fik/din/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs