Minggu, 26 Mei 2024
Piala Dunia 2018

Iran Tahan Imbang Portugal Tapi Harus Rela Tersingkir

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Penyerang tim nasional Portugal Cristiano Ronaldo (tengah) meluapkan kekecewaannya usai tendangan penaltinya berhasil digagalkan oleh penjaga gawang Iran. Foto: AFP

Tim nasional Iran harus rela tersingkir dari putaran final Piala Dunia 2018 setelah hanya bisa menahan imbang Portugal 1-1 di laga pamungkas penyisihan Grup B di Stadion Mordovia Arena, Saransk, Rusia, Selasa (26/6/2018) dini hari WIB.

Seperti dilansir Antara, sempat tertinggal satu gol dari Portugal lewat gol pengujung babak pertama Ricardo Quaresma hingga waktu normal pertandingan hampir usai, Iran akhirnya menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti Karim Ansarifard pada menit 90+1.

Hasil itu, membuat Iran hanya mengoleksi empat poin saja dan berada di peringkat ketiga klasemen akhir Grup B di bawah Spanyol (5) dan Portugal (5).

Spanyol dan Portugal melaju ke putaran 16 besar, dengan Tim Matador sebagai jawara grup menghadapi tuan rumah sekaligus peringkat kedua Grup A, Rusia, sedangkan Portugal meladeni Uruguay selaku juara Grup A.

Gol Quaresma dicetak lewat umpan satu dua sentuhan dengan Adrien Silva untuk bergerak menusuk dari sayap kanan dan melepaskan tendangan melengkung melewati sela-sela tangannya Alireza Beiranvand dengan kaki bagian luarnya.

Enam menit memasuki babak kedua, Portugal berpeluang menggandakan keunggulan lewat titik putih, namun eksekusi sang megabintang Cristiano Ronaldo yang dipercaya sebagai algojo berhasil dimentahkan oleh Beiranvand.

Penalti berawal dari pelanggaran oleh Morteza Pouraliganji terhadap Ronaldo yang berujung dengan penggunaan asisten video wasit (VAR) di tengah gelombang protes keras dari para pemain maupun pendukung Iran.

Ronaldo, yang gagal mencetak gol dari titik putih sekaligus gagal mengejar penyerang Inggris Harry Kane di puncak daftar pencetak gol dengan lima gol.

Upaya Iran membalikkan keadaan tak kunjung menemui hasil, namun di pengujung laga wasit Enrique Caceres menunjuk titik putih selepas kembali memanfaatkan VAR atas pelanggaran Cedric Soares yang dianggap menyentuh bola dengan tangan.

Ansarifard mengonversi penalti, namun waktu terlalu singkat untuk mencetak satu gol lagi untuk memastikan tempat di 16 besar, laga usai dengan skor imbang 1-1. (ant/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
32o
Kurs