Jumat, 3 Mei 2024

Prediksi Uruguay vs Portugal

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ronaldo usai mencetak gol. Foto: Reuters.

Duel antara Uruguay dan Portugal memanggungkan Amerika Selatan versus Eropa di level benua sepak bola, Luis Suarez versus Cristiano Ronaldo di tataran penyerang kelas dunia, Oscar Tabarez versus Fernando Santos di tingkat pelatih sarat pengalaman internasional.

Kedua timnas sama-sama menggantungkan ambisi meraih prestasi menjulang di bawah kubah sepak bola sejagat. Uruguay siap menantang Portugal dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 yang digelar di Fisht Stadium, Sochi, pada Sabtu malam waktu setempat, atau Minggu dini hari, pukul 01.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh Trans TV.

Duel ini bisa juga dilabel sebagai “rivalitas Madrid”, karena Cristiano Ronaldo membela Real Madrid, sementara Diego Godin bermain bagi Atletico Madrid. Akankah bek Uruguay itu mampu menahan penyerang Portugal tersebut?

Yang jelas, kedua negara bakal fokus ketika tampil berlaga di babak 16 besar Piala Dunia 2018 ini. Uruguay mengandalkan duet Luis Suarez dan Edinson Cavani di satu pihak, di lain pihak Portugal menyandarkan diri kepada ketajaman Cristiano Ronaldo.

Ini laga ketiga bagi kedua bersua di ajang sepak bola dunia, dan kali pertama bertanding di Piala Dunia FIFA. Begitu banyak pemain dari kedua tim telah saling mengenal karakter permainan masing-masing.

Portugal siap menurunkan Goncalo Guedes untuk mempertajaman kedalaman serangan, dan mengeksploitasi kelemahan lini pertahanan Uruguay.

Penjaga gawang Uruguay Fernando Muslera merayakan 100 caps internasional di pertandingan ini. Ia juga membela negaranya dalam 14 pertandingan di Piala Dunia sebelumnya.

Laga babak 16 besar ini juga menampilkan dua pelatih dengan usia tertua yang membesut timnya masing-masing di Piala Dunia.

Pelatih Uruguay Oscar Tabarez mengatakan, “Kami perlu meningkatkan kecepatan (dibandingkan ketika kami melawan Rusia), karena pertandingan di babak 16 besar ini sungguh sulit.”

“Bagi saya, kredo sepak bola yakni keseimbangan. Kalau kami menyerang maka kami memang mampu menyerang. Ini tidak dilandasi oleh semata-mata keinginan,” katanya.

Bek Uruguay Sebastian Coates ketika mengomentari soal penampilan Cristiano Ronaldo mengatakan, “Kami akan mengawal dia begitu juga berlaku bagi pemain lainnya, meskipun ia pemain bintang lapangan. Anda tidak bisa menyiapkan diri dalam pertandingan hanya berdasarkan kepada (ancaman) dari satu pemain lawan.”

Pelatih Portugal Fernando Santos mengemukakan, “Mereka (Uruguay) tim tipikal sepak bola Amerika Selatan. Ini tidak sekedar pertandingan Piala Dunia dengan berbagai fakta kebobolan gol. Ini mengenai sepak bola pada 2018. Oscar Tabarez manajer berpengalaman internasional. Itu artinya ia punya hubungan yang sangat erat dengan para pemain asuhannya.”

Anatomi Uruguay vs Portugal:

Ini menjadi pertemuan edisi ketiga dari Uruguay dan Portugal di ajang Piala Dunia. Mereka tidak pernah bertemu satu sama lain sejak Juli 1972, ketika mereka bermain imbang 1-1 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro. Portugal tidak terkalahkan dalam dua pertemuan sebelumnya (sekali menang, sekali imbang). (ant/bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs