Senin, 6 Mei 2024

Kemenangan Timnas U19 atas China Jadi Pelipur Lara

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Fakhri Husaini pelatih Timnas Indonesia U-19 (kiri) dan Bagas Kahfa pemain belakang U-19 saat konferensi pers di GBT Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Fakhri Husaini Pelatih Tim Nasional Indonesia U-19 mengatakan, kemenangan 3-1 atas Timnas China U-19 menjadi modal penting bagi timnya untuk menyongsong kualifikasi AFC CUP 2020 pada tangal 6, 8, dan 10 November 2019 nanti. Pada kualifikasi itu, Timnas U-19 bakal bersaing dengan Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste di Grup K.

“Kemenangan ini memuaskan banyak orang menjadi obat pelipur lara. Masih ada beberapa catatan dan kelemahan ini akan menjadi bahan evaluasi untuk kami perbaiki menjelang kualifikasi AFC Cup,” ujar Fakhri dalam konferensi pers di Gelora Bung Tomo Surabaya, Kamis (17/10/2019) malam.

Fakhri juga memuji tiga gol yang dicetak anak asuhnya ke gawang Tim Nasional China U-19 dalam pertandingan uji coba di Gelora Bung Tomo Surabaya, Kamis malam.

“Tiga gol yang terjadi melalui proses luar biasa. Anak-anak bekerja keras untuk menciptakan gol itu,” kata Fakhri.

Menurutnya, tiga gol itu telah melalui skema yang baik yakni bagaimana transisi dari menyerang ke bertahan. Menurutnya tim semakin mempunyai komunikasi bagus pada saat kehilangan bola, punya transisi dan komunikasi baik.

“Ada ribuan situasi, ada ribuan momen yang bisa dievaluasi. Saya dari sisi pelatih ada banyak hal positif yang mereka buat,” kata dia.

Mengenai beberapa peluang yang terbuang pada babak kedua, Fakhri tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut. Sebab pemainnya memang masih muda yang membutuhkan lebih banyak pertandingan.

“Karena situasi di setiap laga berbeda. Bukan soal buang peluang tapi proses membuat peluang itu yang saya apresiasi. Peluang bisa terbuang pemain top dunia saja bisa membuang peluang. Mereka pemain muda akan terus belajar,” ujarnya.

Sementara itu, pemain belakang Timnas U-19, Amiruddin Bagas Kahfa bersyukur atas kemenangan yang diraih timnya. Dia mengatakan, ketiga gol yang dicetak merupakan buah kerja sama yang baik dari timnya.

“Alhamdulillah kita mendapat hasil baik. Semua gol berkat kerja sama tim yang baik. Kita akan belajar lagi untuk bisa bertahan dengan baik,” kata dia.

Meski meraih kemenangan cukup telak atas China U-19, Bagas enggan berpuas diri. Dia menyatakan, timnya akan tetap bekerja keras agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Tim Nasional Indonesia U-19 mencukur Tim Nasional China U-19 dengan skor 3-1 dalam pertandingan uji coba yang digelar di Gelora Bung Tomo Surabaya, Kamis malam.

Tiga gol Tim Garuda Muda diciptakan Amiruddin Bagus Kahfi, Muhammad Fajar Fathur Rahman dan Alfeandra Dewangga Santosa. Sementara satu gol China U-19 dicetak Qianglong Tao di babak kedua melalui penalti. (bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
31o
Kurs