Jumat, 19 April 2024
SEA Games 2019

Masjid Nasional Al-Akbar Gelar Nobar dan Doa Bareng Supaya Timnas Menang

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya akan menggelar nonton bareng (nobar) final sepakbola SEA Games antara Timnas Indonesian lawan Vietnam, Selasa (10/12/2019) malam.

Helmy M Noor Humas Masjid Al Akbar mengatakan, persiapan seperti layar dan proyektor sudah siap dan sudah terpasang di lokasi nobar. Lokasinya di taman sekitar Masjid Al-Akbar.

“Layarnya sudah kami pasang di Edupark, taman dekat menara masjid. Kami akan suguhkan kopi dan pala pendem (camilan seperti kacang tanah dan ubi-ubian),” katanya, Selasa sore.

Tidak hanya nonton bola, sebelum nobar, Imam Salat Isya berjemaah di Masjid Al-Akbar akan mengajak para jemaah untuk berdoa bersama-sama, supaya Timnas Indonesia memenangkan pertandingan.

“Semua jemaah, termasuk imam masjid, semuanya nanti akan ikut nobar. Penontonnya pasti banyak. Dan bisa dipastikan penontonnya nanti banyak yang sarungan (memakai sarung),” ujarnya.


Nonton bareng (nobar) final sepakbola SEA Games antara Timnas Indonesian lawan Vietnam di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Selasa (10/12/2019) malam. Foto: Istimewa

Helmy mengatakan, Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya memang baru pertama kali menggelar nobar sepakbola. Tujuannya, kata dia, untuk memupuk jiwa kebangsaan melalui momentum olahraga.

“Menanamkan jiwa kebangsaan itu bisa dari mana saja, termasuk dari masjid. Kami ingin mengambil momentum ini untuk menumbuhkan kebangsaan dari masjid. Ini bagian hubbul wathan minal iman,” katanya.

Helmy mengatakan, belum ada tokoh di Jawa Timur yang akan hadir dalam nobar ini. Namun, sudah ada sejumlah suporter sepakbola di Surabaya yang menanyakan, apakah mereka boleh datang?

“Ada Bonek yang tanya, boleh ikutan nonton enggak? Saya bilang nobar ini terbuka untuk masyarakat umum. Silakan hadir, tapi ini demi Tanah Air,” ujarnya.

Final SEA Games 2019 antara Timnas Indonesia U-22 dengan Vietnam akan berlangsung nanti malam di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina dan akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi nasional.(den/iss/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs