Jumat, 10 Mei 2024

Menpora: Moto GP Mandalika Bisa Saja Pindah ke Jawa Timur

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di acara pengarahan atlet Jawa Timur, di Gedung Negara Grahadi Minggu (3/10/2019) sore. Foto: Istimewa

Di acara pengarahan atlet Jawa Timur, di Gedung Negara Grahadi Minggu (3/10/2019) sore, Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menyatakan sesuatu tentang MotoGP 2021 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hadir di acara itu, saat Menpora berpidato, sejumlah atlet dan pemangku kebijakan olahraga di Jawa Timur, juga Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur sebagai tuan rumah acara.

Menpora di Kabinet Indonesia Maju itu mengatakan, belum ada kejelasan apakah MotoGP 2021 memang akan digelar di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. “Sampai sekarang belum jelas. Mandalika selama ini ngaku-ngaku aja, itu,” ujarnya.

Mantan Anggota DPR RI Fraksi Golkar dari Dapil Jawa Timur itu pun mengatakan, kalau memang Mandalika belum siap, dan Jawa Timur sudah lebih siap, kejuaraan dunia balap motor itu bisa saja pindah ke Jawa Timur.

“Begitu, ya, Bu Gubernur? Jawa Timur bisa, ya?” Tanyanya.

Namun, kepada wartawan usai acara pengarahan kepada para atlet itu, Zainudin Amali justru mengaku mendengar rencana pindah lokasi Moto GP 2021 ini dari Khofifah Gubernur Jatim.

“Iya, tadi Bu Gubernur, kok, sepertinya akan pindah, ya. Tetapi saya belum berani menyatakan seperti itu,” ujarnya. “Karena Mandalika juga harus mempersiapkan diri. Tapi, sementara sih diputuskan Mandalika.”

Soal apakah Menpora sudah memiliki catatan khusus sehingga menyatakan ada kemungkinan Moto GP pindah ke Jawa Timur, Zainudin Amali mengaku belum ke lokasi sirkuit Mandalika.

“Saya belum ke sana, saya belum berani berkomentar soal Mandalika. Saya belum berani menyatakan ada pilihan lain. Kita tetap berpikiran Mandalika, tetapi kalau Jawa Timur bisa lebih siap, gitu, bisa juga,” ujarnya.

Mengenai lokasi di Jawa Timur yang berpotensi menjadi pengganti Mandalika sebagai lokasi Moto GP 2021, Menpora pun menjawab dengan singkat, “Enggak tahu, saya.”

Pernyataan Zainudin tentang Moto GP Mandalika itu dia sampaikan ketika menceritakan terpilihnya Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Dia ceritakan, bagaimana Joko Widodo Presiden sendiri yang menemui Gianni Infantino Presiden FIFA, supaya Indonesia jadi tuan rumah.

Terpilihnya Indonesia jadi tuan rumah, menurutnya adalah pencapaian yang luar biasa. “Kalau dipikir pakai logika biasa, ini sesuatu yang tidak akan mungkin terjadi,” katanya.

Sirkuit Mandalika sekarang memang masih proses pembangunan. Indonesia Tourism Development Corporation atau PT Pembangunan Pariwisata Indonesia, adalah BUMN yang sedang membangun sirkuit itu.

Sekarang, proses pembangunan sirkuit di kawasan ekonomi khusus itu baru 10 persen. Pada 2020 mendatang pengaspalan sirkuit itu diperkirakan tuntas dan akan dilakukan uji coba.

Tidak hanya itu, ITDC mengklaim, akan ada penjualan awal (presale) tiket MotoGP 2021 dalam waktu dekat ini.(den/iss)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
30o
Kurs