Senin, 6 Desember 2021

Penalti Irfan Bachdim Jadi Penentu PSS Kalahkan Persebaya 1-0

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Supriadi berebut bola dengan pemain PSS Sleman. Persebaya yang menurunkan mayoritas pemain muda mampu mengimbangi pemain berpengalaman PSS. Foto: Persebaya

PSS Sleman mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 1-0 lewat gol penentu melalui tendangan pinalti Irfan Bachdim pada laga terakhir fase grup Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/4/2021).

Seperti yang dilansir Antara, hasil ini memastikan PSS Sleman dan Persebaya melaju ke babak perempat final, menyusul enam tim lainnya yang sudah lebih dulu lolos.

Sejak awal laga, PSS tampil agresif dengan terus melakukan penekanan kepada Persebaya untuk mendapatkan penguasaan bola. Hampir setengah lebih pemain PSS kerap melaju hingga berada di area Persebaya.

Meski begitu, Persebaya lebih memainkan tempo pertandingan dan tak terburu-buru membangun serangan ketika menguasai bola.

Berjalan 15 menit, strategi PSS mulai membuahkan hasil. Persebaya saat itu kerap kehilangan bola karena tekanan pemain PSS. Para pemain PSS terus membangun serangan hingga mengganggu lini belakang Persebaya.

Namun, ketika mulai memasuki menit ke-20, terjadi jual beli serangan di antara kedua tim. Persaingan keduanya pun kerap terjadi di lini tengah.

Meski terus beradu serangan hingga menciptakan peluang, namun para pemain dari kedua tim tersebut belum bisa mengubah keadaan dengan mencetak gol.

Hingga wasit meniup peluit babak pertama, kedua tim belum mampu mencetak gol. Babak pertama berakhir dengan hasil imbang tanpa gol antara skuad Elang Jawa dan Bajul Ijo itu.

Memasuki babak kedua, PSS langsung membuka keunggulan dengan gol dari titik putih yang dicetak oleh Irfan Bachdim pada menit ke-47. Sebelumnya, pemain Persebaya Ridho melanggar pemain PSS Arsyad di kotak pinalti.

Meski tertinggal, Persebaya tetap tenang dan tak terburu-buru dalam melancarkan serangan. Namun, serangan itu kerap dipatahkan oleh pemain belakang PSS.

Pada menit ke-63, pemain PSS Arsyad mendapatkan peluang yang cukup membahayakan di hadapan gawang Persebaya yang dijaga Ernando. Saat itu Arsyad, yang menerima umpan dari Nico Velez, berhasil lolos dari pengawalan Ridho, namun eksekusi Arsyad belum maksimal sehingga bola masih melenceng.

Kemudian pada menit ke-78, Irfan Jaya hampir menambah keunggulan untuk PSS. Saat itu, Irfan Jaya berhasil melewati beberapa pemain belakang Persebaya setelah menerima umpan dari Nico Velez, namun sepakan Irfan mampu ditangkap oleh Ernando dengan sempurna.

Jelang akhir pertandingan, Persebaya terus menambah serangannya ke lini pertahanan PSS. Namun semua peluang yang mereka dapatkan itu tak mampu menyamai keunggulan skuad Elang Jawa.

Hingga wasit meniup peluit, PSS mengalahkan Persebaya dalam laga terakhir fase grup Piala Menpora.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Senin, 6 Desember 2021
28o
Kurs