Kamis, 7 Juli 2022

Shin Tae-yong Minta Hormati Wasit Terkait Insiden Ricky Kambuaya

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Punggawa Timnas Indonesia berpose di hadapan fotografer sebelum bertanding melawan Timnas Singapura dalam pertandingan Semi Final Leg 1 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (22/12/2021). Foto: PSSI

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong meminta semua pihak untuk menghormati keputusan wasit terkait insiden yang melibatkan Ricky Kambuaya pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura, Rabu (22/12/2021) malam.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Nasional Singapura itu, Ricky terlihat dilanggar sedikit di dalam kotak penalti pada menit ke-77. Namun, wasit Kim Hee-gon asal Korea Selatan menganggap peristiwa terjadi di luar area terlarang sehingga hanya memberikan tendangan bebas.

“Jujur saja saya belum melihat kembali video pertandingan. Jadi saya tidak mengetahui apakah itu tendangan penalti atau bukan. Namun, terlepas benar atau salah, kita harus menghargai keputusan wasit,” ujar Shin dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta.

Baca juga: Indonesia Ditahan Imbang Singapura 1-1 di Semifinal Piala AFF

Menurut juru taktik yang asal Korea Selatan tersebut, wasit dan asisten wasit berstatus sama dengan pemain, pelatih serta ofisial yang ada di stadion yaitu pekerja.

“Kita harus melihat wasit sebagai orang yang pekerjaannya sama,” tutur Shin.

Baca juga: Indonesia Kalahkan Malaysia 4-1, Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020

Pelanggaran kepada Ricky Kambuaya dilakukan saat skor pertandingan imbang 1-1. Andai tendangan 12 pas diberikan, Indonesia berpeluang menang dan menempatkan satu kaki di final.

Laga Indonesia melawan Singapura sendiri pada akhirnya tuntas dengan skor 1-1.

Indonesia unggul sejak babak pertama melalui gol Witan Sulaeman (28), sementara Singapura menyamakan kedudukan pada paruh kedua via sepakan penyerang Ikhsan Fandi (70).

Indonesia dan Singapura akan kembali bertarung pada leg kedua semifinal yang juga berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12/2021).

Timnas Indonesia harus memenangkan laga tersebut untuk lolos ke final. Fase gugur Piala AFF 2020 sendiri tak mengenal keunggulan gol tandang.

Oleh karena itu, andai pertandingan leg kedua kembali tuntas dengan hasil seri, maka laga berlanjut ke babak tambahan 2×15 menit dan adu penalti jika diperlukan.(ant/tin/rst)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 7 Juli 2022
28o
Kurs