Sabtu, 20 April 2024

Tujuh Transfer Pemain Paling Menghebohkan di 2021

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan

Sepanjang tahun 2021, klub-klub sepak bola tetap sibuk di bursa transfer meski masih terhalang masalah finansial akibat pandemi Covid-19 yang belum selesai. Cukup banyak aktivitas transfer pemain di tahun ini dan beberapa ada yang menggemparkan jagat sepak bola.

Namun, tidak semua kepindahan pemain yang menghebohkan ini menelan nilai transfer besar. Beberapa nama besar bahkan pindah secara gratis.

Berikut tujuh transfer pemain yang paling menyita perhatian di sepanjang 2021 seperti yang dilansir Antara:

1. Lionel Messi

Transfer paling menghebohkan pertama adalah bergabungnya Lionel Messi ke Paris Saint-Germain. Klub Prancis tersebut bahkan tidak mengeluarkan uang sepeserpun saat mendatangkan pemenang Ballon d’Or tujuh kali itu pada Agustus 2021.

Messi terpaksa meninggalkan Barcelona, yang telah membesarkan namanya di musim panas 2021 karena klub Katalunya itu tidak bisa mengontraknya.

Kapten timnas Argentina itu sebenarnya ingin bertahan dan Barca juga tidak mau melepaskannya. Namun, krisis keuangan Barcelona membuat mereka tak dapat mendaftarkan kontrak Messi meski sang pemain sudah bersedia memangkas separuh gajinya.

2. Cristiano Ronaldo

Sama seperti rivalnya, Cristiano Ronaldo secara mengejutkan pindah dari Juventus di musim panas 2021 untuk kembali ke Manchester United, yang melambungkan kariernya.

Kontrak Ronaldo masih tersisa kontrak setahun lagi bersama Juventus. Transfer Ronaldo terjadi beberapa hari sebelum bursa transfer musim panas 2021 resmi ditutup pada 31 Agustus 2021.

Sebelum kembali ke Old Trafford, Ronaldo bahkan sempat dirumorkan bergabung ke klub rival sekota Manchester City. Namun, MU tidak akan membiarkan mantan pemainnya itu berseragam biru langit.

Proses transfer Ronaldo hanya berlangsung selama 24 jam sejak rumor yang mengatakan sang pemain ingin meninggalkan Juventus. United harus mengeluarkan sekitar 23 juta euro.

3. Sergio Ramos

Kapten Real Madrid, Sergio Ramos juga pindah ke Paris-Saint Germain di musim panas 2021 dengan gratis setelah tidak memperpanjang kontraknya dengan klub Spanyol tersebut yang habis pada Juni 2-21.

Real Madrid tak sangguh memberikan kenaikkan gaji karena sedang terkena dampak finansial pandemi Covid-19. Madrid hanya mau memperpanjang kontraknya setahun saja.

Sebelum memilih PSG, Ramos sudah didekati klub-klub besar Eropa lain seperti Manchester United dan Juventus. Namun, bek veteran asal Spanyol itu memilih PSG sebagai klub barunya.

Menariknya, Ramos kini menjadi satu tim dengan eks kapten Barcelona Lionel Messi setelah keduanya telah lama saling bertarung dilapangan di pertandingan “El Classico.”

4. Antoine Griezmann

Setelah kehilangan Lionel Messi, Barcelona juga meminjamkan kembali Griezmann ke Atletico Madrid. Klub ibu kota Spanyol tersebut diwajibkan untuk memermanenkan sang pemain di akhir musim ini dengan nilai sekitar 40 juta euro.

Barca mendatangkan penyerang asal Prancis itu pada 2019 dengan nilai transfer 120 juta euro.

Kesepakan ini dinilai merugikan Barcelona karena Atletico tidak hanya mendapatkan salah satu pemain terbaik mereka kembali dengan harga yang jauh lebih murah, tetapi mereka juga bisa melemahkan salah satu rival mereka dalam perburuan gelar Liga Spanyol.

5. Romelu Lukaku

Juara Liga Champions 2020-21, Chelsea memutuskan untuk memulangkan Romelu Lukaku dari Inter Milan di awal musim ini dengan nilai transfer fantastis sebesar 97,5 juta poundsterling.

Meski menjadi Scudetto 2020-21, Inter Milan dinilai terpaksa melepaskan penyerang andalan mereka itu di musim panas 2021 karena terlilit masalah finansial. Sebelum melepas Lukaku, Inter sudah menjual Achraf Hakimi ke Paris Saint Germain.

Penjualan pemain-pemain kunci tersebut membuat pelatih Antonio Conte geram kepada manajemen Inter dan memilih angkat kaki sebelum melatih Totteham Hotspur.

Ini menjadi periode kedua Lukaku di Chelsea. Sebelumnya dia pernah membela The Blues dari 2011 sampai 2014.

6. Jack Grealish

Banyak klub yang harus menahan keinginan mereka untuk mendatangkan pemain dan berhemat pada tahun 2021 karena terpukul pandemi Covid-19, tetapi Manchester City justru memecahkan rekor transfer termahal di Liga Premier Inggris Inggris saat mendatangkan Jack Grealish.

Tim besutan Josep Guardiola merekrut gelandang timnas Inggris itu dari Aston Villa, dengan menggelotorkan 100 juta poundsterling di awal musim ini. City sebelumnnya bahkan ingin mendatangkan penyerang Tottenham Hotspur Harry Kane, tetapi klub London Utara itu menolak tawaran yang diberikan oleh City.

7. Jadon Sancho

Setelah gagal mendapatkan sang pemain musim lalu, Manchester United akhirnya bisa menyambut Sancho ke Old Trafford pada bursa transfer musim panas 2021 dengan angka 85 juta poundsterling.

Pemain jebolan Manchester City tersebut telah berkembang menjadi salah satu gelandang paling produktif di Eropa dalam beberapa tahun terakhir. Pemain berusia 21 tahun itu membuat lebih dari 100 penampilan dan mencetak 38 gol untuk Borussia Dortmund.(ant/tin/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs