Jumat, 26 April 2024

Fernando Santos Resmi Mundur dari Timnas Portugal

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Fernando Santos pelatih Portugal setelah timnya disingkirkan Maroko dalam pertandingan Piala Dunia 2022, Sabtu (10/12/2022). Foto: Reuters

Fernando Santos resmi mundur dari posisinya sebagai pelatih tim nasional (timnas) Portugal, setelah timnya kalah dari Maroko di perempat final Piala Dunia 2022. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Federasi Sepak Bola Portugal (FPF), Jumat (16/12/2022) hari ini.

Portugal secara mengejutkan tersingkir di perempat final setelah kalah 0-1 dari Maroko. Sebelum mundur, Santos sempat mendapatkan kritik karena tidak menurunkan Cristiano Ronaldo sejak awal pertandingan.

Dalam pesan video yang emosional, Santos mengatakan bahwa menjadi pelatih Portugal adalah “mimpi yang menjadi kenyataan” dan “tujuan hidup” yang terpenuhi.

“Saat Anda memimpin kelompok, Anda harus membuat beberapa keputusan sulit,” ujar Santos seperti dilansir Antara dari AFP.

“Itu normal bahwa tidak semua orang senang dengan pilihan yang saya buat, tetapi keputusan yang saya ambil selalu memikirkan apa yang terbaik untuk tim kami,” tambahnya.

Dalam sebuah pernyataan, FPF mengatakan bahwa kedua belah pihak setuju untuk mengakhiri kontrak karena ini adalah “momen yang tepat untuk memulai siklus baru.”

Santos menjadi pelatih sejak Portugal pada 2014 dan memimpin timnya dalam 109 pertandingan. Bersama Santos, Portugal berhasil memenangkan Piala Eropa (Euro) 2016 dan trofi perdana UEFA Nations League pada 2018-19.

“Selain gelar yang diraih, Fernando Santos menjadi pelatih dengan pertandingan dan kemenangan terbanyak. Merupakan suatu kehormatan memiliki pelatih dan orang seperti Fernando Santos sebagai pelatih tim nasional,” kata FPF dalam pernyataannya, Jumat.

FPF mengatakan dewannya sekarang akan memulai proses seleksi pelatih baru.

Berbagai media Portugal telah melaporkan bahwa nama-nama seperti Jose Mourinho pelatih AS Roma, Rui Jorge pelatih timnas Portugal U-21 dan Paulo Fonseca pelatih Lille yang dipertimbangkan sebagai pengganti potensial. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs