Sabtu, 20 April 2024

FIFA dan AFC Prioritaskan Keamanan Liga Indonesia-Piala Dunia U-20

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Logo badan sepak bola dunia FIFA terlihat di kantor pusatnya di Zurich. Foto: Reuters

Niko Nhouvannasak, Koordinator Proyek Pengembangan FIFA menyampaikan FIFA bersama Asian Football Confederation (AFC) memprioritaskan kepastian keamanan pelaksanaan liga-liga sepak bola di Indonesia serta Piala Dunia U-20 2023 menyusul Tragedi Kanjuruhan yang terjadi awal bulan ini.

“Untuk itu, kami terus melakukan pertemuan-pertemuan (dengan AFC, PSSI dan Pemerintah Indonesia-red) untuk menghasilkan rencana aksi dengan alur waktu yang konkret,” ujar Niko dalam konferensi pers di Kawasan Gelora Bung Karno di Jakarta pada Antara, Rabu (12/10/2022).

Niko menyampaikan kembali belasungkawa dan keprihatinan FIFA atas Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu, yang sejauh ini telah menewaskan 132 korban jiwa dan ratusan lainnya masih dirawat di rumah sakit.

Menurutnya, FIFA tidak ingin kejadian serupa terulang di wilayah mana pun di seluruh dunia. Itulah kenapa otoritas sepak bola dunia tersebut mengirimkan perwakilan ke Indonesia untuk berkoordinasi dengan PSSI dan pemerintah.

Serge Dumotier, Kepala Konsultan Keamanan dan Keselamatan Stadion FIFA ditugaskan untuk mengevaluasi stadion-stadion di Indonesia, terutama yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 tahun depan yang ditemani oleh sosok berpengalaman dari AFC seperti Brian Johnson, Kepala Keamanan dan Keselamatan AFC dan Datuk Dell Akbar Khan, Wakil Ketua Gugus Tugas Keamanan dan Keselamatan AFC.

“Kami, AFC dan PSSI saling bekerja sama dan bersolidaritas dengan Pemerintah Indonesia agar masyarakat di sini dapat kembali menikmati sepak bola dengan cara yang terbaik,” tutur Niko.

Ia beserta perwakilan FIFA lainya yakni Chen Jun berserta Dumotier sudah bertemu PSSI sejak Selasa, untuk berkoordinasi mengenai Tragedi Kanjuruhan.

Sementara perwakilan AFC yang dipimpin oleh Shin Mon Gil, Wakil Sekretaris Jenderal AFC bersua PSSI pada Rabu (12/10/2022).

Sebagai informasi Liga 1, 2 dan 3 Indonesia disetop sementara oleh PSSI dan LIB, berdasarkan rekomendasi pula dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan yang dibentuk oleh pemerintah dan diketuai oleh Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI.

Sementara Pemerintah Indonesia menyatakan akan membentuk Tim Transformasi Sepak Bola Indonesia bersama AFC dan FIFA buntut Tragedi Kanjuruhan.(ant/rum/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs