Sabtu, 20 April 2024

Hasil Drawing Piala Presiden 2022, Persebaya Masuk Grup Neraka

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Hasil Drawing Turnamen Pramusim 2022 menempatkan Persebaya Surabaya dalam Grup Neraka, Minggu (29/5/2022). Foto: Tangkapan layar kanal youtube PT LIB

Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) baru saja menuntaskan pengundian grup Turnamen Pramusim 2022 di Bandung, Minggu (29/5/2022), dengan 18 klub peserta dari Liga 1 Indonesia 2022-2023 yang dibagi ke dalam empat grup.

Terdapat hasil menarik bagi Persebaya dalam hasil drawing tersebut. Pasalnya klub kebanggaan arek-arek Suroboyo tersebut tergabung dalam Grup C yang diisi tim peringkat lima besar Liga 1 Indonesia 2021-2022.

Dipantau dari kanal Youtube LIB, dalam Grup C yang disebut sebagai “Grup Neraka” tersebut, Persebaya tergabung bersama dengan Bali United, Persib Bandung dan Bhayangkara FC. Persebaya sendiri tak peduli dengan hasil drawing itu.

“Sejak awal kami siap bertemu siapa saja. Apalagi ini turnamen pramusim, kami ingin melihat kekuatan kita yang sesungguhnya sebelum masuk kompetisi,” ujar manajer Persebaya, Yahya Alkatiri yang menghadiri langsung drawing Piala Presiden 2022.

Terdapat empat tim yang ditunjuk sebagai tuan rumah dalam Turnamen Pramusim 2022 ini, yakni Persis Solo, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC.

Pertandingan Grup C itu nantinya akan berlangsung di Bandung, Jawa Barat, dengan Persib yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Lalu Grup A, yang pertandingannya akan berlangsung di Solo, dihuni oleh Persis sebagai tuan rumah bersama PSIS, Martapura Dewa United, Persita dan PSS.

Sementara untuk semua pertandingan Grup B yang diisi oleh Borneo FC sebagai tuan rumah, bersama Persija, Barito Putera, Rans Cilegon FC, Madura United akan memainkan semua pertandingannya di Samarinda.

Terakhir, ada empat tim yang bersaing dalam Grup D yakni Arema FC, Tira Persikabo, PSM dan Persik. Di sini, Arema FC berstatus sebagai tuan rumah sehingga laga-laga Grup D dirampungkan di Malang.

Dalam kesempatan tersebut, Sudjarno Direktur Operasional PT LIB mengatakan, terdapat beberapa pembatasan yang dilakukan dalam pengundian turnamen pramusim 2022 itu. Salah satunya adalah Bali United dan PSM hanya bisa menghuni grup yang beranggotakan empat tim karena mereka harus berlaga di Piala AFC 2022.

Selain itu, Persija dan Persebaya tidak boleh berada dalam satu grup penyisihan dengan pertimbangan tertentu.

Tidak lupa, Sudjarno memastikan pula bahwa Turnamen Pramusim 2022, yang belum memiliki nama kejuaraan resmi, terbuka untuk dihadiri penonton langsung di stadion.

“Turnamen pramusim ini akan menjadi contoh sepak bola dengan penonton di stadion. Namun jumlah penonton di stadion akan tergantung situasi PPKM di daerah setempat,” ujar Sudjarno.

PSSI dan LIB belum memastikan jadwal rinci Turnamen Pramusim 2022. Akan tetapi, kompetisi itu rencananya digulirkan pada pertengahan Juni sampai dengan pertengahan Juli 2022. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs