Kamis, 7 Juli 2022

Persebaya Kalah 1-2 dari Persis Solo di Surabaya 729 Game

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Para pemain Persis Solo saat merayakan gol Samsul Arif, Minggu (22/5/2022). Foto: Scree Capture official youtube Persebaya.

Persis Solo berhasil memenangkan laga “Surabaya 729 Game” di Gelora Bung Tomo dengan skor 1-2 dari Persebaya Surabaya, Minggu (22/5/2022).

Sempat menerapkan pola bertahan di babak pertama, anak asuh Jaksen F. Tiago tampil lebih dominan dan ofensif di babak kedua.

Dominasi permainan Persis Solo itu berbuah di menit ke-47, Artaf yang masuk sebagai pemain pengganti mendapat umpan dari Samsul Arif untuk menyisir bola dari kanan lapangan pertahanan Persebaya. Saat itu, bola masih mampu diblok oleh Andhika kiper Persebaya.

Seakan sudah membaca celah Persebaya di babak pertama, Persis Solo terus mengendalikan jalannya pertandingan. Terlihat beberapa peluang mampu diciptakan, Persebaya masih mampu menghalau beberapa serangan dari lawannya itu.

Dominasi pemain Persis Solo hanya bertahan sekitar 15 menit awal babak kedua, sekitar menit ke-64 Persebaya berawal dari membangun serangan balik Januar Eka lolos dari penjagaan dua bek Persis Solo dan berhasil menyambar umpang silang untuk dikonversikan menjadi sebuah gol. Persebaya unggul 1-0.

Satu gol Januar Eka disambut gemuruh oleh para Bonek, flare sempat dinyalakan dan pertandingan sempat dihentikan sekitar lima menit karena asap memenuhi lapangan pertandinga.

Tertinggal satu gol, Laskar Sambernyawa tidak menyurutkan serangan. Bahkan beberapa kali Samsul Arif terus melakukan manuver untuk mengancam gawang Persebaya.

Kerja keras Persis Solo berbuah manis, berawal dari tendangan sudut bola hasil sundulan Samsul Arif yang dihalau oleh Alwi kapten Persebaya malah dianggap gol oleh wasit di menit ke-70.

Pemain Persebaya sempat memprotes karena menggap bola tidak melewati garis putih gawang mereka, namun keputusan wasit dan asisten wasit yang bertugas di pinggir gawang tidak bisa diganggu gugat.

Menjelang menit ke-80 kedua tim melakukan jual beli serangan, Persebaya yang terkenal dengan serangan tajamnya dari sisi lapangan melalui winger mereka tidak begitu nampak pada pertandingan malam hari ini. Menurunnya daya serang Persebaya dari sisi sayap itu dipengaruhi oleh kepindahan Taisei Murakawa.

Sedangkan Persis Solo yang membawa beberapa pemain senior di Indonesia itu sangat begitu tenang dalam menghalau serangan maupun saat membuka celah pertahanan lawan.

Kematangan para pemain Persis Solo mulai nampak pada menit ke-82, mereka membangun serangan dari sisi kanan kemudian memberikan bola ke Samsul Arif yang dilanjutkan dengan gocekannya melewati bek Persebaya. Umpan satu dua Persis Solo di dalam kotak pinalti memudahkan Samsul Arif mejebol gawang mantan timnya itu.

Permainan ofensif Persebaya nampaknya memiliki kelemahan, mereka beberapa kali kecolongan oleh serangan balik yang dibangun para pemain Persis Solo dari sisi sayap.

Hingga memasuki babak akhir skor tidak berubah, laga persahabatan bertajuk Surabaya 729 Game dimenangkan oleh Persis Solo dengan skor 1-2.

Pertandingan malam ini yang dihadiri kurang lebih 33.000 orang merupakan yang pertama kali terjadi sejak sebelum adanya pandemi. Sekaligus menandai gelaran perayaan Hari Jadi Kota Surabaya ke-729.(wld/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 7 Juli 2022
27o
Kurs