Jumat, 29 Maret 2024

Hentikan Maroko Si Pembunuh Raksasa, Prancis Jumpa Argentina di Final

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pemain Prancis merayakan kemenangannya usai menaklukkan Maroko 2-0 di Stadion Al-Bayt, Al-Khor, Doha pada Kamis (15/12/2022). Foto: Reuters

Prancis melaju ke final Piala Dunia 2022 setelah mengakhiri Maroko si pembunuh para raksasa dalam laga semifinal di Stadion Al-Bayt, Doha pada Kamis (15/12/2022) dini hari WIB, yang berkesudahan 2-0.

Dalam pertandingan tersebut, Prancis mencetak dua gol lewat aksi Theo Hernandez dan Randal Kolo Muani.

Mengutip Antara, kemenangan ini membawa Prancis meretas jalan menjadi tim pertama yang mempertahankan gelar juara jika mampu mengalahkan Argentina pada 18 Desember nanti.

Sementara itu, Maroko menjadi satu-satunya tim non Amerika Selatan dan Eropa pertama yang masuk ke semifinal Piala Dunia, setelah mengalahkan Belgia, Spanyol dan Portugal pada laga sebelumnya.

Selama berjalannya laga, Prancis mengancam lebih dulu di awal pertandingan dan sukses membuahkan gol pada menit kelima.

Diawali serangan dari sisi kanan yang dibangun Antoine Griezmann, bola kemudian dikirimkan ke kotak penalti. Kylian Mbappe coba menembak, namun bola membentur pemain Maroko dan mengarah kepada Theo Hernandez yang sambil melompat menendang bola melewati Yassine Bounou kiper.

Maroko yang ketinggalan satu gol, akhirnya tampil lebih berani. Azzeddine Ounahi mendapat ruang tembak di kotak penalti dan langsung mengarahkan bola ke pojok kiri gawang, namun Hugo Lloris kiper Prancis mampu menepis bola tersebut.

Prancis kembali menyerang dan hampir mencetak gol di menit 17, jika tendangan Giroud dari sisi kiri tidak menghantam tiang.

Pada menit ke-21, Maroko terpaksa menarik Romain Saiss kapten sekaligus bek tengah karena cedera paha yang dialami. Saiss digantikan Selim Amallah.

Prancis kembali mendapatkan peluang di menit 36 setelah bola terobosan Aurelien Tchouameni berhasil diterima Mbappe di kotak penalti. Dia mengarahkan bola ke gawang kosong, namun Achraf Hakimi bek Maroko dapat membuang bola tersebut.

The Atlas Lion balik menekan dan memaksa Prancis bermain bertahan dalam lima menit terakhir babak pertama.

Maroko hampir mencetak gol pada menit ke-45 lewat aksi El Yamiq yang melepaskan tendangan akrobatik, tetapi bola menghantam tiang gawang.

Bola muntah bisa disambar pemain Maroko lainnya, tetapi tidak mencapai sasaran. Babak pertama ditutup 1-0 untuk Prancis.

Selepas jeda, Walid Regragui pelatih Maroko memasukkan Yahya Attiyat Allah untuk mengubah keadaan. Attiat-Allah merupakan pemberi assist untuk gol Youssef En-Nesyri ke gawang Portugal dalam perempat final lalu.

Maroko memiliki variasi serangan setelah masuknya Attiyat Allah. Beberapa kali mengancam gol, tetapi tidak membuahkan gol.

Didier Deschamp pelatih Prancis juga menggantikan pemain pada menit ke-65, ketika Olivier Giroud ditarik keluar untuk digantikan oleh Marcos Thuram.

Abderazek Hamdallah sempat memberi ancaman di menit 75 ketika di menggiring bola ke kotak penalti, namun ragu untuk melepaskan tembakan dan bola berhasil dibuang pemain Prancis.

Didier Deschamp kembali melakukan pergantian pada menit ke-79, ketika Randal Kolo Muani masuk menggantikan Ousmane Dembele.

Hasilnya, Kolo Muani mampu menggandakan keunggulan untuk Prancis pada satu menit kemudian.

Berawal dari tendangan Mbappe di kotak penalti, bola mengenai kaki pemain Maroko sebelum disambar Kolo Muani ke gawang Bounou. Skor berubah 2-0.

Maroko belum menyerah untuk memberikan ancaman. Sekali lagi, mereka hampir mencetak gol melalui tendangan di kotak penalti, namun Jules Kounde melakukan hadangan penting di depan gawang.

Kemenangan ini membawa Prancis mencapai final dua kali berturut-turut dalam Piala Dunia terakhir. Mereka akan menghadapi Argentina di Stadion Lusail pada Minggu malam (18/12/2022).

Susunan Pemain:

Prancis (4-3-3): Hugo Lloris (kapten); Jules Kounde, Raphael Varane, Ibrahima Konate, Theo Hernandez; Antoine Griezmann, Aurelien Tchouameni, Youssouf Fofana; Ousmane Dembele (Rendal Kolo Muani 79′), Olivier Giroud (Marcus Thuram 65′), Kylian Mbappe

Maroko (3-4-3): Yasin Bounou; Jawad El Yamiq, Romain Saiss (kapten) (Selim Amallah 21′) (Abde Ezzalzouli 78′), Nayef Aguerd; Achraf Hakimi, Sofyan Amrabat, Azzedine Ounahi, Noussair Mazraoui (Attiyat Allah 46′); Hakim Ziyech, Youssef En-Nesyri (Abderrazak Hamdallah 66′), Sofiane Boufal (Zakaria Aboukhlal 67′). (ant/tik/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs