Jumat, 19 April 2024

Ikuti Jejak Saudi Ciptakan Kejutan Besar, Jepang Bungkam Jerman 2-1

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Takuma Asano pemain Jepang merayakan kemenangan timnya atas Jerman dengan skor 2-1, Rabu (23/11/2022). Foto: Reuters

Timnas Jepang sukses menciptakan kejutan besar dalam Piala Dunia 2022 Qatar, dengan menumbangkan Jerman selaku juara dunia empat kali dengan skor 2-1, Rabu (23/11/2022). Skor ini juga sama persis dengan Arab Saudi saat membungkan Argentina sehari sebelumnya.

Melansir laporan Antara, Jerman unggul lebih dulu pada menit ke-33 lewat penalti Iklay Gundogan yang sukses menaklukkan kiper Shuichi Gonda kiper Jepang, setelah sebelumnya Gonda melanggar David Raum bek sayap Der Panzer.

Jepang dikurung Jerman sepanjang babak pertama sampai hanya bisa menguasai 19 persen distribusi bola.

Tetapi pada babak kedua perlahan tapi pasti serangkaian penyelamatan gemilang Gonda dan kesolidan barisan pertahanan mereka, membuat Jepang menaikkan tempo pada periode-periode akhir babak kedua.

Akhirnya pada menit ke-75 tim Samurai Biru berhasil menyamakan kedudukan dari gol Ritsu Doan. Gol ini diawali dari gerakan Kaoru Mitoma yang menusuk pertahanan Jerman untuk kemudian mengoper Takumi Minamino yang melepaskan tendangan tepat ke arah Manuel Neuer kiper.

Kiper nomor satu Jerman itu berhasil menepis tendangan Minamino, tetapi bola muntah disambar Ritsu Doan untuk diceploskan ke gawang yang tak mampu diamankan Neuer untuk kedua kalinya.

Saat pertandingan seperti akan berakhir seri, secara mengejutkan pada menit ke-83, Takuma Asano berhasil mencetak gol pembalik keadaan.

Asano menyambut umpan panjang Kou Itakura dari pertahanan Jepang yang dikira offside oleh pemain-pemain Jerman, langsung melakukan sprint yang tak bisa diimbangi Nico Schlotrerbeck untuk kemudian menaklukkan Neuer dari sudut sempit.

Jerman berusaha keras menyamakan kedudukan pada menit-menit terakhir. Mereka ingin menghindarkan nasib yang sudah dialami Argentina, tetapi upaya mereka mencetak gol mengalami kegagalan.

Jepang pun menjadi pemenang laga ini dan sekaligus tim kedua setelah Saudi yang menciptakan kejutan besar dalam Piala Dunia 2022 di Qatar.

Jerman mendominasi laga ini dengan 65 persen penguasaan bola dan 25 percobaan tendangan, dengan delapan di antaranya tepat sasaran. Sedangkan Jepang hanya bisa membuat tiga tendangan tepat sasaran dari total 11 upaya. Tapi karena lebih klinis, Jepang menjadi pemenang laga ini.

Kekalahan ini seolah jadi ulangan mimpi buruk Jerman yang juga tumbang di tangan Meksiko dalam pertandingan pertama fase grup Piala Dunia 2018, sebelum dikalahkan Korea Selatan dan akhirnya tersingkir sejak fase grup. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs